Pemerintah Kabupaten Nias, Sumatera Utara, memberikan pelatihan dan pembekalan kepada anggota satuan perlindungan masyarakat yang akan betugas dalam poengamanan di TPS saat pemilu 2019.

"Pelatihan dan pembekalan kita berikan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kita pada pelaksanaan pemilihan umum serentak yang akan digelar pada 17 april 2019," kata Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Kapok di Nias, Minggu.

Tujuan sosialisasi/pelatihan dan pembekalan adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan linmas dalam menjaga ketentraman, ketertiban dan keamanan di tempat pemungutan suara. 

"Kita berharap anggota linmas tetap menciptakan kerjasama dengan instansi terkait, serta selalu bersinergi dengan aparat penegak hukum baik sebelum maupun sesudah pemilu terselenggara," harapnya. 

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada forum komunikasi pimpinan daerah dan nara sumber yang telah mendukung pelaksanaan sosialisasi/pelatihan dan pembekalan terhadap linmas. 

Dari laporan panitia pelatihan dan pembekalan diketahui jika linmas yang mengikuti pelatihan dan pembekalan adalah berjumlah 286 orang. 

Ke-286 orang linmas tersebut akan bertugas untuk menjaga TPS di rayon I yang melingkupi Kecamatan Gido, Kecamatan Sogae,adu, Kecamatan Mau dan Kecamatan Somolo Molo. 

Anggota linmas di Kabupaten Nias seluruhnya berjumlah 862, dan linmas tersebut dibagi dalam tiga rayon, dimana setiap TPS akan dijaga oleh dua orang linmas. 

Linmas yang 862 akan menjaga 431 TPS yang tersebar di 10 kecamatan atau 170 desa yang ada di Kabupaten Nias.***2***
 

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019