Medan (Antaranews Sumut) - Pemkot Medan mendukung penuh digelarnya Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Kota Medan ke-5 Tahun 2019 dengan harapan lahir dan terjaring bibit-bibit atlet berbakat yang nantinya mampu membawa harum nama daerah.

"Untuk itu kami minta seluruh masyarakat mendukung dan menyukseskan Porwil Kota Medan yang sudah memasuki tahun kelima ini," kata Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution saat menerima audiensi KONI Medan, di Balai Kota, Rabu.

Ia mengatakan, Porwil tahun ini harus lebih baik dan semarak dari tahun-tahun sebelumnya, karena ajang multi even tersebut juga bertujuan untuk menjaring atlet yang dipersiapkan mengikuti PON 2024 di mana Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah.

"Saya minta KONI sebagai penyelenggara dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, hal tersebut juga dapat dikoordinasikan dengan Dispora Kota Medan. Selain itu terus bina atlet terbaik dari Kota Medan untuk dapat mengikuti kejuaraan tingkat nasional maupun internasional," katanya.

Sementara Ketua KONI Kota Medan Eddy Sibarani mengatakan Porwil nantinya digelar 23-30 Maret 2019, dengan pembukaan dilakukan di Sekolah Angkasa, Polonia dan penutupan di Sekolah Medan Putri, Jalan Gaharu Medan dan diikuti sedikitnya 2.000 atlet dari 21 kecamatan. 

"Untuk itu diperlukan dukungan seluruh masyarakat agar Porwil ini berjalan sukses. Dukungan penuh juga sangat kami harapkan dari Pemkot Medan," katanya.

Ia juga menjelaskan Porwil kali ini menjadi strategis karena juga menjadi ajang untuk menjaring atlet yang akan dipersiapkan ke PON 2024.

Atlet yang disaring dari Porwil nantinya menjai atlet lapis ketiga untuk melapis atlet-atlet binaan KONI Medan yang sudah terjaring dari Porkot ke-10 lalu. 

Sementara atlet lapis pertama adalah mereka yang saat ini dipersiapkan bersama kontingen Sumut untuk menghadapi PON 2020 di Papua untuk tampil di Porwil Sumatera, Kejurda maupun Seleknas.

"Jadi, berbicara Porwil Medan kali ini, sesungguhnya kita berbicara awal persiapan atlet PON 2024. Dan ini menjadi penting, karena Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh," katanya

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019