Medan (Antaranews Sumut) - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan mahasiswa Universitas Sumatera Utara harus menghindari berita "hoax" atau berita yang tidak benar, karena dapat menimbulkan keresahan.
  
"Mahasiswa diharapkan tidak perlu menanggapi berita bohong," kata Luhut, dalam menyampaikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Sumatera Utara, di Auditorium USU Medan, Senin.   

Kuliah umum itu, dengan tema: Wawasan Kebangsaan Menuju Kedaulatan Pangan, Maritim Dan Daya Saing Bangsa Dalam Era Revolusi Industri 4.0."

Sebagai seorang mahasiswa, menurut dia, harus bisa menganalisa mana berita yang benar dan tidak benar, karena hal itu juga untuk kepentingan bersama.

"Mahasiswa harus bersikap jujur, dan tidak perlu berbohong karena hal tersebut adalah perbuatan yang tidak baik," ujar Luhut.

Ia mengatakan, mahasiswa sebagai calon pemimpin harus tetap berprilaku yang baik, jujur, bekerja keras, dah rajin menimba ilmu dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

"Mahasiswa USU ke depan agar lebih maju, cerdas dan diharapkan bisa menjadi menteri.Kalau boleh ada mahasiswa USU jadi Menteri Koordinator Kemaritiman (Menkomaritim)," ucap dia.

Luhut menyebutkan, mahasiswa USU harus mampu menciptakan karya-karya ilmiah, pemikiran yang cerdas dan memberikan inovasi baru, bagi kemajuan USU yang lebih baik lagi.

Seperti yang dilakukan Fendi, mampu menciptakan mobil karya sendiri.Hasil karya USU yang dinamakan Tim Horas itu, akan mengikuti lomba di Jepang.

Silahkan mahasiswa USU lainnya menampilkan karya-karya yang terbaik demi pembangunan bangsa dan negara.

"Pemerintah melalui Kemenristekdikti akan memberikan dukungan terhadap mahasiwa yang memiliki prestasi dan menampilkan karya-karya terbaiknya," kata Menkomaritim itu.

 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019