Asahan (Antaranews Sumut) - Ketua PKK Asahan, Hj Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang menghimbau masyarakat untuk terus mengantisipasi penyebaran demam berdarah dan lakukan menguras, menutup,  mengubur dan membuang (4M).

Hal ini dihimbau bertujuan agar masyarakat tidak terkena kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) sekaligus menekan angka kasus DBD. “ Lebih baik mencegah dari pada mengobati,” kata Winda di kantor PKK Asahan.

Winda menjelas PKK Asahan telah rutin melaksanakan edukasi tentang antisipasi DBD baik di tingkat sekolah maupun langsung ke masyarakat.  Bahkan PKK hingga tingkat Desa telah bergerak dan turun langsung ke setiap rumah masyarakat dan menghimbau masyarakat agar proaktif memaksimalkan gerakan menguras tempat penyimpanan air, menutup tempat penampungan air, mengubur dengan membuang dan menutup barang bekas yang dapat menampung air (4M plus)

Kemudian memantau semua wadah air yang dapat menjadi tempat nyamuk berkembang biak sementara plusnya yakni jangan menggantung pakaian, peliharalah ikan di tempat penampungan air, Hindari gigitan nyamuk dengan menggunakan minyak serai, dan membubuhkan abate di rumahnya masing – masing.

Lebih lanjut Winda juga menghimbau masyarakat untuk menerapkan program gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (Juru Pemantau Jentik) yang bertujuan untuk meminimalisir jumlah penderita dan jumlah kematian akibat Demam Berdarah melalui peran serta masyarakat dalam proses pencegahan. Beliau juga berharap kepada Dinas Kesehatan agar lebih proaktif dalam memberantas penyebaran penyakit DBD serta bersedia untuk melatih anggota masyarakat melalui Puskesmas setempat menjadi seorang Jumantik.

Winda mengucapkan terima kasih atas respon yang tanggap dan baik dari PKK mulai dari tingkat Kecamatan hingga Desa, Kader PKK, Camat, Puskesmas, Kades, Bidan Desa dan OPD terkait yang telah menjalankan program tersebut dan turun langsung memberikan edukasi bagi masyarakat untuk menjadi Jumantik di rumahnya sendiri.

“ Mari kita terus membina dan pemberdayaan peran masyarakat yang didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah melalui OPD terkait, penyebaran DBD di wilayah Asahan bisa dieliminir serta masyarakat Asahan yang lebih sehat dan bebas dari DBD dapat terwujud,” ungkap Winda.

Pewarta: Indra

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019