Nias (Antaranews Sumut) - Sebanyak 134.549 jiwa atau sekitar 87,80 persen warga Kabupaten Nias, Sumatera Utara, telah terdaftar sebagai peserta program jaminan kesehatan nasional (JKN) yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. 
     
"Dari 134.549 warga Kabupaten Nias yang terdaftar sebagai peserta JKN,  sebanyak 23.554 warga atau 17,50 persen dibiayai Pemerintah Kabupaten Nias melalui program Jaminan Kesehatan Masyarakat," kata Bupati Nias Sokhiatulo Laoli di Nias, Jumat.

Menurut dia, tahun 2018 Pemkab Nias menggelontorkan dana sebesar kurang lebih Rp6,7 miliar untuk membiayai 23.554 warga di kabupaten itu menjadi peserta JKN.  

Pemkab Nias akan terus melanjutkan dan meningkatkan cakupan kepesertaan, supaya seluruh masyarakat Kabupaten Nias memiliki jaminan kesehatan.

"Kita akan terus melanjutkan dan meningkatkan kepesertaan masyarakat demi terwujudnya jaminan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2019," ungkapnya. 

Sedangkan untuk menjamin mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Nias,  dia berkomitmen untuk terus membenahi sarana dan prasarana kesehatan.

"Kita berkomitmen untuk terus membenahi sarana dan prasarana di Kabupaten Nias guna menjamin mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Nias, " ucapnya. 

Selain itu,  Pemkab Nias juga akan melakukan pemenuhan tenaga kesehatan yang diwujudkan melalui akreditas rumah sakit dan Puskesmas yang ada di seluruh Kabupaten Nias.

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019