Medan (Antaranews Sumut) - Disamping menjadikan jiwa entrepreneur atau jiwa wirausahawan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan juga menanamkan iman dan taqwa (Imtaq) kepada mahasiswanya.

"Imtaq juga bagian dari visi Polbangtan disamping Iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi)," kata Direktur Polbangtan Medan Ir Yuliana Kansrini MSi kepada Antara Sumut, Jumat.

Menurutnya, Iptek Imtaq penting ditanamkan dengan harapan Polbangtan Medan melahirkan orang-orang yang menguasai teknologi atau ilmu pengetahuan yang memiliki karakter orang beriman dan bertaqwa.

"Kita ingin generasi muda anak bangsa (alumni Polbangtan Medan) memiliki karakter orang pinter berjiwa wirausahawan tetapi memiliki iman dan taqwa yang kuat,"ujarnya.

Polbangtan Medan yang merupakan pendidikan vokasi pertanian tidak melepas tanggungjawab dalam menerapkan nilai-nilai agama bagi mahasiswa.

"Seperti peraturan sholat mahasiswa laki-laki berjamaah ke masjid al-Falah yang berada dalam kampus yang dilengkapi seluruh fasilitas pendukung,"katanya.

Bahkan setiap Kamis malam Jumat juga diadakan pengajian rutin dan mengundang ustad sebagai pemateri untuk memperdalam ilmu agama bagi mahasiswa.

"Setiap bulan diadakan juga pengajian seluruh muslim Polbangtan Medan seperti dosen dan juga pegawai,"ujarnya. Menurutnya, pola pikir orang pintar beriman cenderung lebih kuat ke hal yang positif (konstruktif) dibanding ke hal-hal yang negatif (destruktif).

Dalam kehidupan berasrama maupun perkuliahan Polbangtan Medan juga menerapkan keteraturan mulai dari bangun pagi, senam pagi, ibadah, makan, apel, dan lainnya, sampai membentuk lembaga dakwah kampus dibentuk dari gabungan senior dan junior mahasiswa.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019