Jakarta (Antaranews Sumut) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir membuka Pameran Capaian 4 Tahun Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Selasa.

Pameran ini dilaksanakan kedua kalinya untuk memberikan informasi capaian kinerja Kemlu RI kepada masyarakat.

"Pameran kali ini lebih interaktif dan beragam," kata Menlu Retno.

Sejumlah kegiatan yang bisa diikuti oleh publik, antara lain, bincang santai Menlu RI dan milenial, "talkshow" dengan diplomat muda lulusan Sekolah Dinas Luar Negeri (Sekdilu) ke-40, kontes juru bicara Kemlu, konsultasi thesis, bahkan pelayanan KTP elektronik.

Selain itu, terdapat stan pameran dari 10 satuan kerja di Kemlu, yaitu Sekretariat Jenderal, Ditjen Aspasaf, Ditjen Amerop, Ditjen Kerjasama ASEAN, Ditjen Multilateral, Ditjen Informasi dan Diplomasi Publik, Ditjen Hukum dan Perjanjian Internasional, Ditjen Protokol dan Konsuler, Inspektorat Jenderal, serta Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan.

Dalam acara pembukaan tersebut, juga diluncurkan Kemlu chat, yakni sebuah aplikasi percakapan yang bisa digunakan dalam internal Kemlu untuk membuka komunikasi kedinasan antarpegawai secara lebih aman.

Pameran Capaian 4 Tahun Kemlu berlangsung mulai 8 hingga 10 Januari 2019, yang puncaknya adalah Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) RI 2019 pada tanggal 9 Januari.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PPTM 2019 akan dihadiri para duta besar atau perwakilan asing, pejabat kementerian dan lembaga, pemangku kepentingan terkait, serta wartawan media nasional maupun asing.



 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019