Jayapura (Antaranews Sumut) - Gempa berkekuatan 5,3 skala richter (SR) menguncang wilayah Kabupaten Sarmi, Papua, Rabu (2/1) pukul 16.59 WIT.

Kepala BMKG Wilayah V Jayapura Petrus Demon Sili kepada Antara mengatakan gempa tersebut berpusat pada 1.79 LS-139.15 BT, sekitar 75 kilometer Barat Laut Sarmi dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa yang berlokasi di laut dengan kedalaman 10 kilometer dirasakan di Sarmi II-III MMI, dan dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi di wilayah perairan utara Papua disebabkan deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar oblique normal.

"Belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi dan dari hasil pantauan petugas belum ada gempa susulan," kata Demon Sili.

Baca juga: Pesisir Barat Lampung digoyang gempa 4,9 SR

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemkab Sarmi dan berharap masyarakat tidak perlu panik dan percaya isu menyesatkan karena gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Masyarakat diminta tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang mengatasnamakan BMKG yang menyatakan akan terjadi gempa besar karena sampai saat ini belum ada metode dan teknologi yang dapat digunakan untuk memperkirakan dengan tepat kapan terjadinya gempa," kata Demon Sili.
 

Pewarta: Evarukdijati

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019