Medan (Antaranews Sumut) - Telkomsel meluncurkan layanan terbaru Digital Banking, aplikasi mBanking Telkomsel yang memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat mengakses rekening bank yang dimiliki melalui ponsel khususnya sistem Android. 

" Layanan mobile banking atau mBanking itu untuk semakin mempermudah pelanggan Telkomsel dan sekaligus mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia," ujar General Manager Digital Product Area Expansion Sumatera Telkomsel Robby Aris Cahyadi di Medan, Jumat.

Dia mengatakan itu saat peluncuran aplikasi mBanking di Medan.

Menurut dia, untuk dapat menggunakan aplikasi itu, pelanggan harus sudah memiliki layanan SMS Banking.

Bagi pelanggan yang layanan SMS Banking-nya belum aktif, maka  dapat mendaftarkan nomor handphone Telkomsel di kantor cabang bank terdekat.

Robby Aris Cahyadi mengatakan, layanan Digital Banking terus akan dikembangkan Telkomsel sehingga membantu banyak lembaga keuangan nasional maupun lokal.

"Layanan mobile banking diharapkan akan memberikan masyarakat Indonesia akses yang lebih luas terhadap transaksi keuangan, serta membantu pemerintah mewujudkan 'cashless society'," katanya.

Dia menjelaskan, dalam aplikasi mBanking Telkomsel memiliki beberapa fiitur menarik, seperti transaksi perbankan, transaksi merchant, promo program, sinkronasi data, dan pencari ATM terdekat.

Dengan mBanking Telkomsel, transaksi perbankan menjadi mudah.

"Pelanggan cukup memilih menu yang ada pada aplikasi kemudian akan diarahkan untuk bertransaksi menggunakan SMS atau USSD *141# (sistem berbasis Android)," katanya.

MBankingTelkomsel juga memfasilitasi pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran dan pembelian produk-produk pada "merchant" yang sudah bekerja sama dengan bank seperti pembelian pulsa dan pembayaran listrik.

Selain itu, pelanggan akan selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai promo-promo menarik dari "merchant", bank, dan Telkomsel sekaligus memfasilitasi pengiklan untuk dapat beriklan pada aplikasi itu dengan target pelanggan banking.

Pada fitur sinkronisasi, katanya, mBanking memfasilitasi pelanggan untuk dapat mencadangkan dan memulihkan data (back up data) milik pelanggan di dalam aplikasi itu ke server Telkomsel .

Dengan cara itu  akan memudahkan pelanggan bila pelanggan memiliki data favorit dan kemudian berganti ponsel.

Dengan menggunakan aplikasi itu, aktivitas penarikan tunai juga dipermudah dengan adanya fitur pencarian ATM terdekat yang terintergrasi dengan GPS smartphone.

"Dalam tahap awal, jumlah bank yang sudah terintegrasi dalam aplikasi mBanking sudah 15 bank," katanya.

Dia menegaskan, bagi pelanggan Telkomsel yang mengunduh dan melakukan transaksi akan langsung mendapatkan paket data Telkomsel sebesar 2GB untuk 100.000 orang pertama. 

Seluruh pelanggan KartuHalo, simPATI, As dan LOOP berkesempatan mendapatkan hadiah langsung selama periode 12 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

"Saat ini pelanggan Mobile Banking Telkomsel sekitar 10 juta dan untuk aplikasi mBanking Telkomsel, manajemen menargetkan busa diunduh lebih dari 500 ribu pelanggan dalam setahun ke depan," ujarnya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018