Langkat (Antaranews Sumut) - Pimpinan Wilayah Pemuda Mauhammadiyah Sumatera Utara berikan bantuan untuk rehab rumah salah seorang warga miskin di Kabupaten Langkat bersama dengan Badan Amil Zakat (Baznas) setempat.

Wakil Ketua Baznas Langkat Fuad Nasir, di Stabat, Senin, menjelaskan bantuan yang diberikan oleh Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara Basir Hasibuan itu sebesar Rp5 Juta.

"Bantuan dimaksudkan dan sudah disalurkan langsung kepada penerimanya yaitu Zainal Abidin, seorang warga yang tidak mempunyai tempat tinggal dan menumpang di tanah Benteng Sei Wampu, Desa Stabat Lama Kecamatan Wampu," katanya.

Zainal Abidin ini sehari-harinya berprofesi sebagai kuli angkut pasir ke truk dengan upah Rp50.000, itupun bila banyak pasir yang akan diangkut ke truk, ujar Fuad.

"Penerima mamfaat bantuan ini seorang ayah dengan satu istri, satu mertua yang juga bersamanya tinggal tiga orang anak dimana anak yang pertama kini duduk di kelas empat sekolah dasar," sambungnya.

Fuad menyampaikan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara itu, semoga langkah yang dilakukan ini diikuti oleh kalangan warga yang mempunyai pendapatan berlebih, dimana pun mereka berada.

"Sebab masih banyak lagi warga Langkat yang seperti itu dengan kondisi kediamannya sangat memprihatinkan dan perlu langkah untuk perbaikan segera," katanya.      

Seperti yang berada di Dusun V Matang Panjang Desa Pematang Jaya Kecamatan Pematang Jaya, juga ada di Dusun VI Desa Pekubuan Kecamatan Tanjungpura, di Desa Paya Bengkuang Kecamatan Gebang, dan berbagai tempat lainnya.

Sementara itu berdasarkan data Statistik tahun 2015 yang dipergunakan untuk Basic Data Terpadu (BDT) Tahun 2017 terdapat 40 persen warga miskin dari jumlah penduduk Kabupaten Langkat.

Dimana dari data 40 persen tersebut yang kondisinya sangat miskin mencapai 11-12 persen dengan total keseluruhannya mencapai 100.669 kepala keluarga.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018