Rantauprapat (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu MEluncurkan aplikasi e-APBD untuk efesiensi anggaran di daerah.

"Penerapan aplikasi e-APBD ini bertujuan untuk mencapai penetapan Perda APBD tepat waktu, dan dapat dilaksanakan secara lebih cepat, efektif dan efisien," kata Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe, Kamis.

Ia menjelaskan, sistem dan proses e-APBD yang terafiliasi dengan Sistem Informasi Anggaran Daerah Integrasi atau Siandi ini berkesinambungan demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik untuk pembangunan. 

Pihaknya berkomitmen meneruskan reformasi birokrasi untuk Labuhanbatu yang bersih, profesional, kompeten dan bermartabat.

Selain itu pihaknya juga membangun pusat jejaring  inovasi daerah atau Puja Indah guna meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kualitas pelayanan kepada masyarakat. 

Sesuai Peraturan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2018 pasal 3 yakni, fokus strategi nasional dalam pencegahan korupsi keuangan negara dengan sasaran proses perencanaan, penganggaran dan kinerja birokrasi.

"Pemerintah daerah berkomitmen amanah dalam mengelola pemerintahan dan bekerja keras untuk mencapai tujuan maksimal, termasuk pencapaian inovative goverment awards 2019,” ujarnya. 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Labuhanbatu, Hobol Zulkifli Rangkuti menambahkan, e-APBD membantu penyusunan dan perencanaan anggaran sesuai substansi dan tahapan penyusunan dokumen perencanaan.

Aplikasi ini dibangun secara terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi biaya pengembangan dalam menyusun APBD berbasis elektronik, ujarnya.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018