Simalungun (Antaranews Sumut) - Masyarakat Nagori (Desa) Bandar Jawa, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas perhatian dan kepedulian pembangunan di desa-desa.

Mereka mengaku merasakan manfaat positif pembangunan infrastruktur berupa rabat beton dan paret pasangan di kampung yang terealisasi dengan penyaluran dana desa.

"Rumah tidak lagi lagi kebanjiran, halaman tidak becek susah cantik dengan tanaman bunga," kata Mursinah (42), warga setempat, Jumat.

Selama puluhan tahun kaum ibu rumah tangga harus kerja ekstra membersihkan rumah dan halaman setiap musim hujan, karena drainase tidak berfungsi.

Jumiran (51) mengatakan, transportasi antardusun juga semakin lancar, termasuk pengangkutan hasil bumi sesuai harga pasaran sehingga pendapatan bertambah.


Pangulu (Kepala Desa), Kurniawan Syahputra mengatakan, penggunaan dana desa sejak 2016 diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur sesuai kesepakatan warga.

Pengerjaan proyek dari dana desa sudah mencapai 40 persen dari luas wilayah Nagori Bandar Jawa, sedangkan dana untuk pemberdayaan masyarakat segera dibentuk BUMDes.

 

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018