Medan (Antaranews Sumut) - Rencana penyelenggaraan Pemilu Presiden di 2019 mulai berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara dan diperkirakan peningkatan itu berlanjut hingga mendekati hari H.

"Aktivitas jelang Pilpres menggerakkan permintaan domestik dan termasuk naiknya belanja pemerintah dan partai politik,"ujar Pejabat Sementara Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, Hilman Tisnawan di Medan, Jumat.

Dorongan rencana Pilpres ke pertumbuhan ekonomi Sumut itu ditandai dengan meningkatnya  konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT).
 
LNPRT di triwulan III 2018 misalnya meningkat menjadi 13,27 persen secara Year on Year (YoY) atau dari 11,10 persen.

"Peningkatan LNPRT dan belanja pemerintah dan partai politik yang diperkirakan terus berlanjut hingga jelang Pilpres akan memberi andil lumayan besar dalam pertumbuhan ekonomi di 2018 dan di awal 2019,"katanya.
 
Agar terus memberi dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi Sumut, diharapkan partai politik dan pemerintah melakukan belanja berbagai.kebutuhan untuk Pilpres itu di Sumut.

Termasuk, katanya, menggelar. berbagai kegiatan politik di Sumut.

Mengacu pada posisi triwulan III dan melihat perkembangan sejak Oktober, maka BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi Sumut di triwulan IV juga semakin.membaik seperti di triwulan III.

Pada triwulan III, seperti laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut,   pertumbuhan ekonomi Sumut mencapai 5,43 persen secara YoY.

Pencapaian itu lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya yang 5,30 persen secara YoY dan bahkan di atas pertumbuhan Sumatera yang masih 4,72 persen dan nasional 5,17 persen.

"Pertumbuhan ekonomi Sumut di triwulan III bahkan di atas rata-rata historis periode ysama dalam tiga tahun terakhir  yang sebesar 5,19 persen.Prakiraan pertumbuhan ekonomi di triwulan IV juga akan semakin membaik,"ujar Hilman.

Dia menjelaskan, akselerasi laju pertumbuhan ekonomi pada triwulan III terutama pada komponen konsumsi yang.meningkat  menjadi 7,29 persen dari
6,56 persen  triwulan sebelumnya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018