Asahan (Antaranews.Sumut) - Ketua Yayasan Kanker Indonesia Kabupaten  Asahan Hj. Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang melakukan kampanye kesehatan ibu-ibu atau emak-emak dibeberapa Kecamatan.

Adapun yang disosialisasikan Winda kepada para ibu yakni isu kesehatan terkini diantaranya  IVA Tes, kanker payudara  dan kesehatan mulut. 

“ Mari kita lebih pro aktif dalam memeriksakan kesehatan ke puskesmas2 terdekat, Karena dengan memeriksakan kesehatan secara rutin kita dapat mendeteksi dini penyakit,” demikian kata Winda saat menghadiri acara di Kantor Kecamatan Air Joman

Winda menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama kaum ibu tentang berbagai penyakit yang dialami ibu-ibu diantaranya kanker dan bahaya lainya.  

“ Kaum  ibu harus tahu gejala gejala penyakit kanker dan bagaimana mencegah secara dini,” ucapnya, sembari sosialisasi juga telah dilakukan di Kecamatan Simpang Empat,Kecamatan Tinggi Raja dan akan menyusul Kecamatan lainya.

Sementara itu, amanat Bupati Asahan yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Asahan,  Taufik ZA menyampaikan ucapan terimakasih Kepada Kadis kesehatan yang bekerjasama dengan YKI dan PKK Asahan  yang telah menggagas acara ini sehingga harapannya kedepan dapat mewujudkan Asahan yang sehat sesuai dengan Visi Misi Kabupaten  Asahan mewujudkan Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri.

Taufik juga menyampaikan apresiasi kepada Ketua YKI yang juga ketua PKK Asahan secara intens tanpa kenal lelah dalam memberikan perhatian kepada masyarakat terutama kesehatan para Ibu.  Hal ini dapat dilihat dari prestasi yang ditoreh Pemkab Asahan sebagai juara I IVA Tes Tingkat Nasional,  ini diperoleh tidak lepas dari kerja keras Ketua YKI Asahan.

Kegiatan juga diisi oleh Narasumber drg. Anneke dengan materi Mencegah Kanker Mulut dan. dr. Rajali Sirait Kepala Puskesmas UPTD Binjai Serbangan dengan judul materi Stunting (Kondisi terganggunya Asupan Gizi yg tidak Normal) yang mengakibatkan pertumbuhan bayi tidak normal. 
 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018