Binjai, (Antaranews Sumut) - Untuk Kota Binjai, Sumatera Utara, koperasi yang terdata di instansi Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) setempat terdapat 131 koperasi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Binjai Eka Edi Saputra, di Binjai, Rabu.

Eka Edi Saputra menjelaskan tingkat keinginan masyarakat membentuk dan masuk menjadi anggota koperasi masih sangat minim di daerah itu. Padahal, koperasi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia menjelaskan jumlah koperasi yang terdata sebanyak 131, dengan total anggota sebanyak 12.000 orang. 

Dimana dari 131 koperasi yang ada itu, sebanyak 24 koperasi tidak jelas atau tidak diketahui alamatnya, bahkan, dari 12.000 anggota masih banyak yang tidak aktif.

Padahal di negara-negara maju, koperasi dihidupkan oleh masyarakat dan terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan. 

Kalau di negara kita, koperasi dihidupkan oleh pemerintah dan masyarakat mungkin belum banyak memahami tentang koperasi, sehingga perkembangannya sangat lamban di daerah itu.

Untuk itu, pihaknya berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui generasi muda. "

Instansinya terus melakukan bimbingan teknis kepada para pelajar. Dengan harapan, generasi muda ini menjadi pelopor di daerahnya masing-masing nantinya, sehingga koperasi bisa berkembang lagi semakin pesat.

Padahal, koperasi tidak serumit yang dibayangkan. Sebab, koperasi bersifat kekeluargaan. Koperasi bisa dikatakan seperti arisan, tetapi cakupannya saja yang lebih besar.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018