Padangsidimpuan (Antaranews Sumut) - Bunga bangkai dengan bahasa latin Amorphophallus titanum tumbuh di Kota Padangsidimpuan, tepatnya di Kelurahan Sihitang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.

Informasi yang diperoleh, bunga tersebut tumbuh dilahan kosong dan diperkirakan usia bunga tersebut berumur tiga minggu, bunga tersebut membesar dan mekar, bau aroma tak sedappun dikeluarkan bunga tersebut, kata warga setempat Idham Siregar, Senin di Padangsidimpuan.

Awalnya kemari, saat kita membersihkan lahan kosong ini, bunga tersebut masih kecil berwarna merah. Karena bunga tersebut kita anggap hanya bunga biasa, takkan mengganggu bila menanam sesuatu dilahan kosong kita ini.Tapi saat kita datang lagi pada minggu ketiga usai membersihkan lahan ini, kata Idham.

Halid mengaku baru kali ini melihat bunga bangkai dengan mata kepalanya sendiri.Dia juga mengatakan, bunga bangkai yang ada dilahan kosongnya tersebut, belum banyak orang mengetahui keberadaannya.

Bunga bangkai yang ada dilahan Halid ini terlihat bunga bangkainya setinggi 40 cm dengan dia meter bunganya 30 cm, katanya di lokasi.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, Peternakan, dan Kehutanan Ir. Parimpunan Siregar, bunga tersebut adalah bunga bangkai dengan bahasa latin Amorphophallus paeoniifolius merupakan tanaman yang jarang dijumpai dan hanya tumbuh di daerah tertentu yang masuk dalam  Amorphophallus, sejenis dengan kerabatnya  bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum).

Bunga ini tidak sembarangan tumbuh, dan hanya di daerah tertentu bisa tumbuh, dan ini sungguh mengagetkan bisa tumbuh di Kota Padangsidimpuan, tuturnya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018