Tebing Tinggi (Antaranews Sumut)- Walikota Tebing Tinggi  Umar Zunaidi Hasibuan, membuka sosialisasi dan assesment katalog elektronik lokal pemerintah Kota Tebing Tinggi dengan narasumber Donal Sutanto Panjaitan Kepala seksi kotrak payung direktorat pengembangan sistem katalog LKPP RI, Selasa (23/10) bertempat di Gedung Hj. Sawiyah Kota Tebing Tinggi.

Dalam sambutannya Walikota mengatakan bahwa regulasi yang dilakukan pemerintah di dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, nakhodanya itu LKPP (lembaga kajian pengadaan barang dan jasa pemerintah yang ada di pusat). 

Pemerintah pusat sudah lama melakukan e-katalog, dan sebagai pedoman dan acuan dalam pengadaan barang dan jasa di daerah - daerah dan LKPP telah melakukan kebijakan yang disebut dengan SPSE ( sistem pengadaan secara elektronik) dan tentunya Pemko Tebing Tinggi juga ikut dengan sistem ini.

Lanjut Walikota, saat ini harus ada perubahan, kita harus menyusun e-katalog kita sendiri dengan riil dan benar oleh masing-masing OPD yang ada, dan tentunya pengadaan ini kedepan lebih mudah serta bebas zona korupsi. 

Banyak sudah akibat dari sistem pengadaan barang dan jasa yang terkena kasus hukum karena adanya mark up, akibatnya para pelakunya terpaksa harus menginap di hotel pordeo, kita tidak inginkan hal tersebut ujarnya.

Karena harga yang dicantumkan adalah harga pasar dan didalamnya juga menjual berbagai macam barang atau produk secara detile yang merupakan bahagian yang harus kita lakukan  terang beliau 

Dan tentunya ini perlu kerja keras bukan main main serta KPK telah menyatakan apresiasinya terhadap penyusunan e-katalog ini yang berasal dari daerah masing- masing, dengan adanya e-katalog ini bisa pengadaannya secara langsung oleh tim OPD yang bersangkutan tanpa lagi melalui sistem pelelangan.katanya

Terakhir Walikota Tebing Tinggi berharap kepada seluruh OPD yang hadir serius untuk mengikuti ini karena ini merupakan upaya untuk perbaikan kita bersama, tanggal 26 oktober Pemko Tebing Tinggi akan melaksanakan  penandatanganan kerjasama dengan LKPP pusat, ini hebatnya LKPP meski MoU belum diteken sosialisasi sudah dilakukan, 

Hadir dalam kegiatan ini Setdako Tebing Tinggi H. Marapusuk Siregar,  Asisten dan para pimpinan OPD Badan serta Bagian di Pemerintahan Kota Tebing Tinggi.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018