Binjai, (AntaraNews Sumut) - Dalam rangka mensukseskan Pmilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif, lima lembaga di Kota Binjai, Sumatera Utara, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, Badan Narkotika Nasional (BNN), Polres, dan Lembaga Permasyarakatan Klas IIA Binjai menandatangani penguatan Integrated Criminal Justice System (CJS), disaksikan Wali kota Binjai Muhammad Idaham.

Wali kota Binjai Muhammad Idaham, di Binjai, Selasa, menyampaikan sangat menyambut baik, serta apresiasi atas terselenggaranya penandatanganan MoU ini. Dimana kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen bersama dari unsur penegak hukum dalam rangka sinkronisasi dan sinergitas menyangkut pengamanan Pemilu. 

"Kita disini dalam rangka ikut mensukseskan agenda nasional Pemilu tahun 2019. Kegiatan ini salah satu bahagian terpenting demi mensukseskan Pemilu. Pada prinsipnya Pemkot mendukung semua kegiatan demi keamanan dan kekondusifan Kota Binjai," ujarnya. 

Idaham juga menyampaikan sangat mendukung penyelenggaraan pemerintahan, keamanan dan ketertiban di Kota Binjai, terutama menyangkut aspek hukum. Pemkot akan selalu mendukung, tentunya sesuai dengan wewenang dan kapasitas pemerintah daerah. 

Ketua Pengdilan Negeri Binjai Fauzul Hamdi pada kesempatan itu mengatakan, penandatanganan intergrated CJS ini diinisasi oleh Pengadilan dan dibantu Polres Binjai 

"MoU ini merupakan langkah awal penegakan hukum bersatu, demi menjaga keamanan dan kekondusifan Kota Binjai dalam mengawal Pemilu tahun 2019 mendatang," ujarnya. 

Fauzul Hamdi juga menjelaskan kedepan akan banyak lagi kegiatan yang harus di bahas demi pengamanan Pilpres dan Pileg, khususnya di Kota Binjai. 

Kepala Kejaksaan Negeri Binjai Victor Antonius Saragih Sidabutar, meminta semua pemangku kepentingan di Kota Binjai untuk dapat melepaskan suasana kekakuan dan mari bersatu demi menciptakan Binjai yang aman dan kondusif. 

"Ciptakan suasana harmonis antara sesama penegakan hukum, dan pemegang kekuasaan. Buktikan bahwa kita kompak, dan solid, sehingga apabila terjadi satu kejadian, kita semua bersatu dalam menyelesaikan masalah tersebut," pintanya. 

Ke depan penandatanganan integrated CJS ini menjadi modal utama kita dalam penegakan hukum, serta menjaga keamanan dan kekondusifan Kota Binjai. Intinya kita semua sepakat mengawal Pemilu 2019.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018