Asahan (Antaranews. Sumut) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)  Kabupaten Asahan menyusun rencana strategis untuk menyukseskan perekam elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) 

Kadis Dukcapil Asahan Supriyanto MPd mengatakan pihak telah menyusun rencana untuk mensukseskan perekaman e-ktp.  Dengan melibatkan pihak Kecamatan,  Puskesmas dan Dinas Pendidikan Asahan serta Pendidikan Provinsi Sumut. 

" Mereka ini sangat membantu perekaman e-ktp kepada masyarakat yang belum terekam.  Begitu juga dengan akte kelahiran, " kata Supriyanto di ruang kerjanya usai melakukan rapat koordinasi administrasi kependudukan. 

Supriyanto menjelaskan bahwa koordinasi yang dilakukan bertujuan untuk menyatukan komitmen mensuksekan perekaman.  Misalnya Camat harus tahu jumlah warganya yang belum terekam e-ktp " Kita kasih kepada Camat,  nama-nama warga yang belum terekam e-ktp begitu juga alamat nya untuk dihimbau melakukan perekaman,"  ungkap Supriyanto. 

Sedangkan puskesmas,  Kata Supriyanto diharapkan puskesmas bisa membantu dan mengajak masyarakat yang miliki anak untuk melakukan pembuatan akte lahir. Begitu juga dinas pendidikan menginformasikan kepada siswa untuk melakukan perekaman e-ktp " Saya optimis perekaman bisa dilaksanakan dengan baik,"  kata Supriyanto. 

Sementara itu,  Asisten II  Pemkab Asahan,  Jhon Hardi Nasution meminta kepada Dukcapil untuk terus meningkatkan pelayanan dan peraturan.  Begitu juga kepada Camat,  puskesmas serta pihak dinas pendidikan untuk mendukung administrasi Kependudukan masyarakat. 

" Untuk mensukseskan perekaman ini,  Dukcapil tidak bisa bekerja sendiri.  Dukcapil juga harus memiliki tim work agar semua  berjalan dengan baik, " ungkap Jhon. 
 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018