Panyabungan (Antaranews Sumut) - Anak adalah masa depan bangsa dan generasi penerus bangsa yang perlu mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik mental dan sosial serta mendapat perlindungan dan memperoleh hak-haknya sehingga ketersedian sumber daya manusia daerah Kabupaten Mandailing Natal. 

Demikian disampaikan Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution dalam arahannya dipembukaan HAN 2018 yang dilaksanakan di taman raja batu, Aek Godang, Rabu (19/9).

Untuk itu kedepan anak-anak Indonesia itu harus gesit didalam merespon perubahan perubahan baik dibidang ilmu pengetahuan, tekhnologi, kebudayaan, kesenian dan sebagainya. 

Selain itu anak juga diharapkan dapat berempati terhadap yang dirasakan orang lain dan berani dalam melakukan hal-hal yang positif serta berani menghadapi tantangan demi mempertahankan kebenaran.

"Semua anak Indonesia harus unggul disemua bidang kehidupan baik tingkat lokal, nasional dan internasional," katanya. 

Untuk mewujudkan hal itu semua para orang tua juga harus memberikan contoh positif bagi anak, apalagi saat ini sedang marak-maraknya anak-anak dijadikan sebagai pelaku teroris dan pengedar narkoba. 

"Semua ini tentu akan berdampak pada tumbuh kembang anak dan kehidupan mereka pada saat dewasa," ujarnya. 

Untuk mengantisipasi ini semua tentu sangat perlu dilakukan pencegahan yang salah satunya dengan menciptakan lingkungan yang kondusif.

"Marilah kita bersama-sama dengan satu niat yang sama untuk saling mengupayakan kehidupan yang bernilai bagi anak dengan menciptakan suasana aman, nyaman bagi anak dilingkungan kita," harap Bupati. 

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018