Medan (Antara News Sumut) - Warga Sumatera Utara yang ingin melanjutkan pendidikan di Belanda kini semakin mudah. Nuffic Neso selaku lembaga perwakilan non profit dalam bidang pendidikan saat ini membuka kesempatan besar bagi warga Indonesia untuk menimba ilmu disana lewat berbagai program beasiswa seperti beasiswa Stuned, beasiswa Orange Tulip dan Holland Scholarship yang memang disediakan oleh pemerintah Belanda pada masing-masing universitas disana.

"Beasiswa ini disediakan oleh Pemerintah Belanda untuk menarik minat belajar di Belanda," kata Student Conselor Nuffic Neso, Viddy Naufal pada pameran pendidikan di Medan, Kamis (13/9).

Viddy menjelaskan program beasiswa untuk kuliah di Belanda sangat diminati oleh mahasiswa dari Indonesia. Namun, jumlahnya didominasi oleh mahasiswa dari Pulau Jawa. Dari total 4.544 mahasiswa yang mendapat beasiswa tersebut sejak tahun 2000, tercatat hanya 45 mahasiswa yang berasal dari Sumatera Utara.

"Ini yang mendorong kami untuk hadir di Sumatera Utara," ujarnya.

Tidak hanya memberi beasiswa bagi mahasiswa asal Indonesia, Pemerintah Belanda menurut Viddy juga memberi kesempatan kerja bagi mahasiswa yang telah lulus. Pemerintah disana memberlakukan kebijakan visa "Zoek Jaar" atau visa pencari kerja khusus bagi lulusan dari universitas disana yang berlaku hingga 3 tahun setelah kelulusan.

"Ini akan semakin menjamin lapangan kerja bagi mahasiswa yang mengambil program beasiswa ini," tambahnya. Ril

Pewarta: Irsan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018