Panyabungan (Antaranews Sumut) - Peningkatan jalan dari Batahan menuju pelabuhan Palimbungan Ketek, Batahan Kabupaten Mandailing Natal saat ini sedang menunggu proses pengerjaan oleh Balai Besar Jalan dan Jembatan Sumatera Bagian Utara. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Mandailing Natal, Subuki Nasution menjawab ANTARA, Senin, 27/8.

"Peningkatan jalan Batahan - Palimbungan Ketek ini sudah ditindak lanjuti Balai Besar Jalan dan Jembatan Nasional dan saat ini kita sedang menunggu proses pengerjaannya saja, " katanya. 

Pengerjaan peningkatan penunjang akses menuju pelabuhan ini nantinya akan dilakukan secara bertahap. 

Untuk tahun 2018 ini ada sepanjang 3.800 meter jalan yang dikerjakan oleh Perencanaan Pembangunan Jalan Nasional (P2JN) yakni mulai dari titik Aek Batang Batahan hingga pelabuhan Palimbungan. 

Untuk mendukung akses jalan ke pelabuhan ini Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal sejak tahun 2016 hingga tahun 2017 yang lalu telah melakukan pembukaan badan jalan selebar 20 meter  dan panjang 4.600 meter. 

Adapun badan jalan yang dibuka Pemda ditahun 2016 tersebut terdiri dari titik Aek Batang Batahan - Palimbungan sepanjang  3800 meter. 

Sedangkan ditahun 2017 badan jalan yang dibuka adalah mulai dari titik Batahan - jembatan Aek Batahan sepanjang 800 meter. 

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dalam menunjang akses jalan menuju pelabuhan ini hanya menyiapkan badan jalan dan pembuatan Detail Desain Enginering (DED). 

Sedangkan untuk pengerjaannya fisiknya sendiri nanti dikerjakan oleh perencanaan pembangunan jalan nasional (P2JN).

Untuk percepatan peningkatan jalan ini Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal terus melakukan pengusulan kepada pemerintah pusat maupun provinsi sehingga nantinya pelabuhan ini secepatnya dapat berfungsi dengan baik. 

Pewarta: Holik

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018