Aekkanopan (Antaranews Sumut) – Pelaksanaan upacara dalam rangka memeringati Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia berlangsung lancar di Labuhanbatu Utara, Jumat. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Labura H Kharuddin Syah SE dan teks proklamasi dibacakan Ketua DPRD.

Pembawa baki bendera untuk dikibarkan 50 personil pasukan pengibar bendera (parkibra) pada acara tersebut adalah Hrrva Yudha Suryaningsih, siswa SMAN Marbau. 

Sebelum peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan, panitia mengumumkan pemenang sejumlah kegiatan yang dilaksanakan sebelumnya untuk memeriahkan peringatan HUT ke-73 RI tersebut.

MENUNGGU : Warga menunggu barisan defile usai peringatan HUT ke-73 RI yang di kawasan pohon sono Aekkanopan, Jumat. (Foto : Antaranews Sumut/Istimewa)

Diantara yang mendapat hadiah adalah para pelajar yang berhasil menyabet sejumlah medali dari cabang pencak silat pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah Sumatera Utara (POPDASU) beberapa waktu lalu.

Cuaca panas membuat sebagian peserta upacara tak tahan berdiri dan menyempatkan diri untuk duduk. Hal itu mereka lakukan sebelum dilaksanakanan puncak acara detik-detik peringatan kemerdekaan Indonesia.

Usai upacara, sebagaimana biasa dilakukan defile barisan. Namun kali ini, jarak yang ditempuh lebih pendek. Biasanya dari Lapangan Bhayangkara Aekkanopan, barisan akan melintas ke arah pusat kota.

Namun sekali ini, iringan barisan membelok melintasi Mapolsek Kualuhhulu. Akibatnya, warga yang banyak menunggu di bawah pohon Sono, salah satu icon Aekkanopan kecele.

“Kita sudah dari tadi menunggu. Ternyata barisan tidak lewat dari sini,” kata seorang ibu yang datang untuk menyaksikan parade barisan bersama anaknya.

Upacara peringatan detik-detik kemerdekaan yang dilaksanakan Pemkab Labura di Lapangan Bhayangkara Aekkanopan itu dihadiri para pelajar, ASN, organisasi kemasyarakatan dan TNI/Polri.

HADIAH : Bupati Labura H Kharuddin Syah SE menyerahkan hadiah kepada salah seorang siswa yang berhasil meraih medali untuk cabang pencak silat pada POPDASU belum lama ini sebelum pelaksanaan upacara HUT ke-73 RI di Aekkanopan, Jumat. (Foto : Antaranews Sumut/Istimewa)

 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018