Medan (Antaranews Sumut) - Sebanyak 24 polisi wanita merupakan hasil seleksi dari seluruh polda di Indonesia, akan melaksanakan tugas ekspedisi ke puncak gunung  Cartensz, Papua.

"Polisi wanita (Polwan) itu, telah terbang pada bulan Juli untuk beradaptasi terlebih dahulu dan menyesuaikan suhu/iklim di daerah pegunungan tersebut," kata Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, dalam sambutanya saat akan nonton bareng (nobar) film dokumenter Polwan Cartenszs di Cinema XII Ringroad City Walks Jalan Gagak Hitam Medan, Selasa.

Selanjutnya, menurut dia, para polwan yang cukup tangguh itu, akan memulai perjalanan menuju puncak Gunung Cartensz.
 
Puncak gunung atau yang sering disebut "Piramida Cartensz" merupakan gunung tertinggi di Indonesia.

"Satu-satunya gunung berada di Indonesia yang diselimuti salju abadi, dan memiliki ketinggian 4.884 meter, serta akan dilalui polwan tersebut," ujarnya.

Paulus mengatakan, mengetahui dengan jelas wilayah Cartensz, karena dia dulunya pernah menjadi Kapolres di bawah gunung tersebut.  

Bahkan, gunung Cartensz yang cukup tinggi itu, sudah seimbang dengan pasir teling PT. Freeport.  

Sebelumnya, 24 polwan tangguh melaksanakan ekspedisi ke puncak Gunung Cartensz, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-72 dan HUT Polwan ke-69.

Polwan tersebut, berhasil menancapkan bendera merah putih di puncak Cartensz dan menjadi kebanggaan bagi mereka.

Adek-adek Polwan yang akan ulang tahun 1 September nanti, dan mohon pamit kembali ke Markas Besar Polri.

"Saya berharap polwan di Polda Sumut dapat berprestasi," kata Kapolda Sumut itu.

Nama-nama 24 Polwan yang akan melakukan ekspedisi, yakni AKBP Siwi Erna Andriani, Ipda Heny Guastina, Ipda Priskila Kaom Sangek, Bripda Fajar Astuti, Bripda Sari Nastiti, Bripda Dea Marheliana, Bripda Intan Widya Ningsih dan Bripda Alisia Dwi Kartini.

Kemudian, Bripda Indri Anastasya, Bripda Dwi Surya Wulandari, Bripda Berti Kurniawati, Bripda Nidia  Ariani, Bripda Amelia K Lumuwu, Bripda Retno Ayu Wedowati, Bripda Tika Astria, dan Bripda Virnayanti.

Bripda Ayu Agiswi, Bripda Jessica Zhivanesca, Bripda Muthia Octavida, Bripda Ica Ayu Nuraini, Bripda Adisti Mahesa, Bripda Mince Yessy Ebe, Bripda Phemiralna, dan Bripda Gusti Elvira.***4***

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018