Panyabungan (Antaranews Sumut) - Peningkatan jalan penghubung Pagur - Panyabungan terus menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal. 

Setelah ditahun 2017 yang lalu dilakukan penghotmix-an, kini ditahun 2018 melalui dana DAK Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Mandailing Natal kini kembali melakukan peningkatan lanjutan pada jalan itu. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Mandailing Natal, Syahruddin, ST menjawab ANTARA, Senin menyampaikan, peningkatan jalan Pagur - Panyabungan ditahun ini akan dilakukan pengaspalan beton (hotmix)  sepanjang 1.450 meter. 

Untuk hotmix ini sendiri dibagi dalam dua titik yakni dititik pertama sepanjang 700 meter yang dimulai dari depan mesjid Kotasiantar hingga titik awal jalan yang dibangun pada tahun 2017 (depan rumah anggota DPRD, Parlindungan Lubis). 

Sedangkan untuk titik keduanya adalah sepanjang 700 meter yakni dari ujung sambungan jalan yang dibangun pada tahun 2017 yang lalu hingga Desa Padang Laru. 

Ia mengatakan, untuk dana peningkatan jalan Pagur - Panyabungan ini sendiri sebesar Rp. 2.652.799.000 yang bersumber dari dana DAK tahun 2018. Sedangkan untuk pengerjaannya dikerjakan oleh PT. Permata Karya Anugrah. 

"hotmix  nantinya ada dua lapis,"ujarnya. 

Mengingat keterbatasan dana yang ada peningkatan jalan ini akan dilakukan secara bertahap.

Selain itu, sebagai mendukung program Bupati Mandailing tersebut Dinas PUPR juga saat ini tengah melakukan peningkatan jalan Komplek Perkantoran Payaloting - Sipalangka sepanjang 3 KM. Sedangkan sisanya sepanjang 4 KM akan dilakukan ditahap selanjutnya. 

"Untuk progres jalan Pagur - Panyabungan saat ini sudah 50 %, sedangkan untuk Sipalangka masih mencapai 15%," sebut Kadis. 

Pewarta: Holik

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018