Pandan, (Antaranews Sumut)- Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Tengah menggelar kegiatan Pangelaran Budaya dalam rangka menyambut HUT RI ke 73 di Kabupaten Tapanuli Tengah, Rabu.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari lomba kreativitas tari tingkat SD-se Kabupaten Tapanuli Tengah, lomba kuliner (Masakan khas daerah Kabupaten Tapanuli Tengah) tingkat SMP se-Kabupaten Tapanuli Tengah, dan lomba fashion show kreasi pakaian adat tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Tapanuli Tengah.
Kadis Pendidikan Tapanuli Tengah, Sehat Munte mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan bakat dari para anak didik. Dan ini adalah kegiatan perdana digelar Dinas Pendidikan sejak ia dipercaya menjadi kepala dinas pendidikan. Menurut Sehat kegiatan yang mereka selenggarakan berdampak positif terhadap pengenalan budaya dan masakan daerah yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah.

 “Kita bersyukur semua sekolah ambil bagian dan semangat mengikuti kegiatan ini termasuk tingkat SMA-SMK. Walaupun SMA dan SMK sudah milik Provinsi, tetapi mereka tetap kita libatkan karena mereka juga adalah anak-anak kita yang tinggal di daerah kita ini. Jadi untuk tingkat SMA/SMK adalah perlombaan fashion busana adat yang ada di Tapanuli Tengah. Untuk anak SD lomba tari budaya, dan untuk SMP lomba memasak kuliner ciri khas Kabupaten Tapanuli Tengah,”terang Sehat Munte.

Ditambahkannya, bahwa para peserta kegiatan ini nantinya akan diberdayakan dalam kegiatan hari jadi Kabupaten Tapanuli Tengah khususnya bagi yang juara.
Hasil amatan di lapangan menyebutkan, para peserta begitu semangat mengikuti tahapan kegiatan. Khususnya para siswa SD tampak lincah mebawakan tarian daerah yang sudah dilatih. Tidak ketinggalan para guru pendamping dan juga tim juri tampak riang melihat penampilan para peserta.
Sementara itu para guru pendamping mengaku senang dengan kegiatan yang digelar Dinas Pendidikan Tapteng. Diharapkan kegiatan serupa terus berkesinambungan sehingga menjadi agenda tahunan di Dinas Pendidikan untuk menggali bakat-bakat para anak didik.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018