Aekkanopan (Antaranews Sumut) – Iringan kumandang azan yang dibawakan M Yusuf Tanjung SPdI dan kalimat talbiah mengiringi keberangkatan 338 calon haji Labuhanbatu Utara, Senin. Rombongan yang dilepas dari depan rumah dinas Camat Kualuhhulu tersebut menaiki 11 bus parawisata.

Sebelum bus rombongan bergerak, Bupati Labura H Kharuddin Syah SE dan Ketua DPRD Drs H Ali Tambunan mengibarkan bendera sebagai isyarat rombongan bus sudah bisa bergerak menunggalkan Aekkanopan menuju Asrama Haji Medan.

Seorang calhaj atas nama Atina SPd dari Kecamatan Kualuhhilir gagal berangkat karena sakit yang dideritanya. Karenanya dari 339 calhaj yang seharusnya berangkat, berkurang satu orang.

Menurut Kepala UPT Dinas Pendidikan Kualuhhulu Irwan Harahap SPd yanf mengenal calhaj yang batal pergi itu, awalnya wanita yang berprofesi sebagai guru itu berencana akan berangkat ke Tanah Suci bersama suaminya.

“Namun karena belakangan ini penyakitnya semakin berat sehingga harus cuci darah sekali per tiga hari, maka yang berangkat hanya suaminya saja,” terang mantan Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kualuhhilir itu.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Kepala Kementerian Agama Labura H Mahdan Munthe MA  melaporkan, dari 339 calhaj Labura tahun ini seorang diantaranya gagal berangkat dikarenakan sakit.

Ia juga menjelaskan, jamaah laki-laki tertua berusia 82 tahun dan yang termuda atas nama Defriandi Matondang yang berusia 30 tahun. Sedangkan jamaah wanita tertua atas nama Hirayani yang berusia 80 tahun dan yang termuda atas nama Ainina Rizki yang berusia 25 tahun.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018