Medan, (Antaranews Sumut) -  Manajemen PT Kereta Api Indonesia atau KAI Divisi Regional Sumatera Utara memberi bingkisan untuk penumpang anak-anak memeriahkan Hari Anak.

"Peringatan Hari Anak dilakukan manajemen KAI secara serentak.KAI antara lain memberi bingkisan untuk anak - anak," ujar Vice President PT KAI Divre Sumut, Rusi Haryono di Medan, Senin.

Bingkisan antara lain berupa buku dan mainan anak-anak.

Rusi yang didampingi Manager Humas PT KAI Sumut, M Ilud Siregar menyebutkan, selain untuk menyemarakkan peringatan Hari Anak Nasional, kegiatan itu juga sebagai wujud apresiasi KAI kepada  pengguna jasa setia KA.

Rusi Haryono menegaskan, KAI sebagai jasa penyedia transportasi selama ini berusaha mengutamakan keselamatan para penumpangnya, termasuk penumpang anak-anak.

KAI misalnya, menerapkan peraturan tiket Rp0 bagi penumpang anak usia 0-3 tahun yang dipangku oleh orangtua atau tidak membeli kursi KA. 

Penerapan aturan itu dimaksudkan untuk menjamin asuransi perjalanan anak -anak.

Manajemen KAI sendiri terus berupaya menambah fasilitas KA untuk menambah kenyamanan pengguna jasa, khususnya penumpang anak.

"Semua KA telah terpasang penyejuk udara (AC), jadi anak-anak akan tetap merasa nyaman, tidak kepanasan sepanjang perjalanan," katanya.

PT KAI juga menyediakan fasilitas ramah anak di stasiun seperti ruang menyusui yang bisa dipakai untuk mengganti popok dan area bermain anak. 

"Adanya area bermain anak di stasiun merupakan salah satu upaya KAI untuk mewujudkan anak Indonesia yang GENIUS (Gesit-Empati-Berani-Unggul-Sehat) sesuai dengan tema Hari Anak Nasional tahun ini yang ditetapkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,"katanya.

Diharapkan dengan adanya area bermain, anak-anak dapat beralih dar "gadget" ke bermain selama menunggu waktu keberangkatan sehingga terwujudlah anak Indonesia yang gesit dan sehat. ***3***
     

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018