Simalungun, Sumut, 23/7 (Antaranews Sumut) - Jamaah calon haji regular dari Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, tahun 2018 yang berangkat ke tanah suci berjumlah 178 orang.

"Kuota 179, satu di antaranya meninggal," ujar Kepala Kemenag Kabupaten Simalungun, Sakwanda Siregar, Senin, pada acara tepung tawar di komplek Masjid Asy Suhada Korem 022 Pantai Timur.

M Idris Lutfi dari Kecamatan Dolok Batu Nanggar meninggal pada 12 Juli 2018 akan digantikan ahli warisnya dan diberangkatkan tahun 2019.

Para jamaah asal Kabupaten Simalungun kloter 9 bergabung dengan Kota Pematangsiantar, Kabupaten Asahan dan sebagian Medan, berangkat ke tanah suci pada 31 Juli 2018 melalui Bandara Kuala Namu, Deli Serdang.

Sementara daftar tunggu mencapai 2.282 orang, dan jika mendaftar tahun 2018, diberangkatkan tahun 2033.

Bupati Simalungun, JR Saragih mengatakan, acara tepung tawar rutin dilakukan pemerintah kabupaten sebagai bentuk syukur dan memberi semangat para calon haji.

Pemerintah kabupaten pada tahun ini juga memberikan bantuan uang saku masing-masing Rp 1,5 juta dalam bentuk tabungan yang bisa dicairkan di tanah suci.

Wakil Bupati, H Amran Sinaga berharap para tamu Allah fokus untuk menunaikan ibadah haji supaya mampu melaksanakan hukum wajib dan sunnah.

"Jaga kesehatan, ikuti saran tenaga medis, cuaca panas banyak minum," pesan Wakil Bupati. ***4***
    
     

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018