Asahan (Antaranews.Sumut) - Pemkab Asahan menyerahkan bibit cabai sebanyak 20.900 polybag di Desa Tanah Rakyat, Desa Suka Damai dan desa Suka Damai Barat Kecamatan Pulo Bandring. Hal ini dilkukan untuk menekan lonjakan harga cabai di Asahan.

Penyerahan bibit cabai yang dilakukan dalam acara gerakan tanam (Gertam) cabai langsung diserhkan Ketua PKK Asahan, Hj Winda Fitrika dan pihak Dinas Ketahanan Pangan.

” Semoga bibit yang kita serahkan kemarin dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan pokok dan dapat menekan harga cabai,” kata Kadis Ketahanan Pangan Asahan, Amir Husin Siregar di dinas setempat.

Husin menyebutkan bibit tersebut nantinya diharapkan dimanfaatkan diperkarangan rumah untuk dijadikan sumber pangan pokok sehat dan bergizi, serta terwujudnya halaman rumah yang asri, teratur, indah dan nyaman. 

“ Dengan Gertam cabai ini diharapkan bisa menstimuluskan prograam dan memberdayakan ekonomi ditingkat keluarga,” ungkap Husin.

Sementara itu Ketua PKK Asahan, Hj Winda Fitrika meminta kepada penerima bibit bisa memanfatkan dengan baik serta supaya masyarakat dapat melakukan hal kecil seperti penanaman cabai di pekarangan rumah.

“Dan mari bersama-sama kita kembangkan dan lakukan niat dari kabupaten kita sendiri agar kita bisa menanam tanaman dapur tidak hanya cabai tetapi sayur mayur juga agar kita tidak membeli lagi di warung,” ajak Winda yang merupakan Istri Bupati Asahan.

Sedangkan Wakil Bupati Asahan H Surya BSc berharap Dinas ketahanan pangan dan PKK bisa terus menggerakan hingga di Kecamatan dan tingkat Desa diseluruh wilayah Kabupaten Asahan.

 “ Mari kita jadikan tanam cabai di perkarangan rumah menjadi kebutuhan dan gaya hiidup.Dan semoga program ini dapat mewujudakan visi dan misi Pemkab Asahan,” kata Surya.

Bibit yang diserahkan sebanyak 20.900 polybag diserahkan ke Desa Tanah Rakyat sebanyak 16.000 polybag, Desa Sukadamai 3.250 polybag dan Desa Sukadamai Barat sebanyak 1.650 polybag,
 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018