Medan  (Antaranews Sumut) - DPP Partai Golkar mencopot dari jabatannya Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Sumatera Utara Ngogesa Sitepu menjelang pendaftaran akhir masa pendaftaran bakal calon anggota legislatif.

Salinan surat pencopotan dan penonaktifan Ketua DPD Partai Golkar Sumut Ngogesa Sitepu itu tersebar luas melalui media sosial di Medan, Minggu.

Pencopotan itu tertuang dalam SK DPP Partai Golkar nomor 316/DPP/GOLKAR/VII/2018 tertanggal 14 Juli 2018 yang ditandatangani Ketua Umum Airlangga Hartarto dan Sekjen Lodewijk F Paulus.

Dalam SK tersebut, DPP Partai Golkar menunjuk Wakil Ketua Korbid Pemenangan Wilayah Sumatera Ahmad Doli Kunia menjadi Pelaksana Tugas Ketua DPD Partai Golkar Sumut.

Dalam SK tersebut, Ahmad Doli Kurnia ditugaskan untuk melakukan konsolidasi internal, bahkan revitalisasi kepengurusan jika dianggap perlu.

Ahmad Doli Kurnia juga diberikan wewenang untuk menandatangani dokumen atau berkas caleg tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk diserahkan ke KPU setempat.

Sekretaris DPD Partai Golkar Sumut Irham Buana Nasution yang dikonfirmasi enggan menjelaskan adanya pencopotan Ngogesa Sitepu sebagai pimpinan parpol.

Namun, Wasekjen DPP Partai Golkar Doli Sinomba Siregar membenarkannya, sekaligus menjelaskan keputusan itu dilakukan sebagai persiapan untuk menghadapi Pemilu 2019.

Setelah rapat kecil di kantor DPD Partai Golkar Sumut di Jalan Wahid Hasyim Medan, pihaknya akan menggelar rapat lagi di salah satu hotel di Jalan Gajah Mada Medan untuk menyusun daftar caleg.

Setelah itu, hasil rapat tersebut akan dibawa ke DPP Partai Golkar di Jakarta untuk disepakati sebelum diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sumut Muchrid "Choky" Nasution mengatakan, Ahmad Doli Kurnia memiliki tugas penting agar sesegera mungkin melakukan konsolidasi ke seluruh jajaran.

Tugas lain, diantaranya menandatangani seluruh berkas terkait pencalegan DPRD Sumut, kabupaten dan kota.

"Plt Ketua juga diminta mempersiapkan penyelenggaraan musdalub (di Kabupaten Pappak Bharat dan Kota Tebing Tinggi)," ujar politisi yang kini menjabat Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Sumut itu.

(T.I023/B/C004/C004) 15-07-2018 14:30:44

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018