Medan,(Antaranews Sumut)- Bulan syawal ini, civitas Akademika Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menggelar acara halal bi halal sekaligus syukuran karena berhasil menjadi Perguruan Tinggi Swasta Peringkat Satu di Sumatera Utara versi Ristek Dikti, Sabtu (23/6) di Aula Fakultas Kedokteran, Kampus Jalan STM Medan.

Hadir pada kegitan itu Ketua Pembina Yayasan UISU T. Hamdy Oesman Delikhan Alhajj, Ketua Umum Yayasan Prof.Dr. Zainuddin MPd, Sekretaris Umum, Mhd. Idris, SH MH, sejumlah pengurus yayasan, Rektor UISU, Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, Msi  Pembantu Rektor, Dekan, Pembantu Dekan, Dosen, dan para pegawai.

Rektor UISU Prof. Dr. Mhd Asaad, MSi mengakui bahwa perolehan UISU sebagai PTS Peringkat Satu di Sumut berkat kerja keras civitas akademika UISU selama ini. 

Dan ini harus disyukuri dengan cara agar terus bekerja lebih sungguh-sungguh lagi bagi UISU sehingga ke depan bisa menjadi perguruan tingggi peringkat 100 besar di tanah air. 

Tekad untuk masuk ke peringkat 100 secara nasional harus diperjuangkan dengan kerja keras semua pihak. Sebab secara nasional, UISU kini menduduki peringkat 124 dari 3000 an PTS yang ada di Indonesia. 

“Kita hanya perlu menaikkan 24 peringkat lagi. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa masuk ke peringkat 100 besar nasional,”ujarnya.

Rektor menyatakan rasa optimisnya bahwa UISU ke depan akan lebih maju, sebab selain didukung sarana, UISU juga didukung dengan SDM guru besar yang cukup banyak dibanding PTS lain. 

Dia juga berharap para doktor yang ada di UISU untuk segera menjadi guru besar.“Selama ini kita memang mengalami banyak problem, tetapi problem itu menjadi tantangan bagi kita untuk bangkit menjadi perguruan tinggi terbaik di Sumut,”ucap 

Rektor di hadapan ratusan peserta yang hadir, seraya menyatakan bahwa semua keinginan tersebut akan tercapai manakala masing-massing warga UISU punya niat yang baik.

Memang selama ini, kata Rektor, banyak pihak yang tidak melihat dan mengetahi perkembangan UISU pasca mengalami konlfik beberapa tahun lalu. 

Tetapi dengan perolehan peringkat I PTS di Sumut, maka UISU kini sudah membuktikan dirinya sebagai Perguruan Tinggi terbaik di Sumatera Utara berdasarkan perangkingan yang dilakukan Ristek Dikti. 

Ada 4 (empat) komponen penilaian yang menjadikan UISU berhasil meraih peringkat 1 di Sumatera Utara, yakni terkait Sumber Daya Manusia, Publikasi, Kelembagaan dan Kegiatan Kemahasiswaan.

Rektor berharap, semuanya harus saling bekerja keras agar UISU bisa lebih maju ke depan, dan meninggalkan budaya  saling menyalahkan antara satu dengan lainnya, apalagi saling  fitnah dan suudzon.

 “Di hari yang baik ini mari kita saling maaf memaafkan, dan menutup kesalahan masa lalu, sehingga kita kembali pada fitrah,”katanya.

Seketaris Umum Yayasan UISU, M. Idris mengklim bahwa peroleh peringkat I tersebut merupakan lompatan besar bagi UISU. Karena itu dia berharap, sejarah baik bagi UISU ini harus ditulis dengan tinta emas. 


 

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018