Samosir (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila secara sederhana dan khidmat di Tanah Lapang Pangururan, Jumat.

Acara dipimpin Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dihadiri unsur pimpinan daerah, pejabat sekretariat dengan peserta upacara unsur ASN, tenaga harian lepas, TNI, Polri, organisasi kepemudaan dan para pelajar. 

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2018 bertema "Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi, Berprestasi", Bupati membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo.

Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia,  menjadi rumah ber-Bhinneka Tunggal Ika yang selama 73 tahun bertahan dan tumbuh ditengah-tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

Presiden berpesan kepada rakyat Indonesia agar memahami semangat rohnya Pancasila, dan memastikan selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran bersama. 

Semangat gotong royong yang merupakan luhur bangsa harus terus dipupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bangsa Indonesia bermodalkan semangat dan energi kebersamaan, dituntut mampu berprestasi, memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan.

Momen peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, harus dimanfaatkan sebagai pengingat, pemacu dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila serta mengamalkannya untuk kemajuan bangsa dan sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Untuk itu, Presiden RI mengajak para pemangku kepentingan dan seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya. ***4***

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018