Tarutung (Antaranews Sumut) - Komisi Pemilihan Umum Tapanuli Utara menerima hasil cetak surat suara pemilihan bupati yang dikirimkan perusahaan percetakan melalui jasa pengiriman barang, PT Pos Indonesia.

"Surat suara yang telah dicetak sudah tiba, dan telah disimpan dalam ruangan terkunci," ungkap Sekretaris KPU Taput, Luhut Aritonang, Senin.

Dikatakan, pengiriman surat suara oleh perusahaan percetakan dengan menggunakan jasa PT Pos diterima pihaknya pada akhir pekan lalu dengan kondisi utuh.

Surat suara yang diterima dikemas dalam 102 kotak yang terdiri dari 101 kotak berisi 2000 lembar kertas suara dan 1 kotak berisi 724 kertas suara.

Keseluruhan kotak diyakini berisi 202.724 lembar kertas surat suara, sesuai dengan tenderisasi yang dilakukan oleh KPU RI terhadap pihak rekanan pemenang tender.

Terpisah, Ketua KPU Taput Rudolf Sirait menyebutkan, dalam waktu dekat, seluruh surat suara yang masih berupa bentangan lembaran akan dilakukan pelipatan sesuai konsep umum dalam melipat surat suara.

"Untuk saat ini, kita belum mengetahui apakah ada surat suara rusak atau tidak. Nantinya hal tersebut akan diketahui waktu pelipatan," sebutnya.

Hingga saat ini, keberadaan surat suara masih tersimpan utuh dan terkunci dalam salah satu ruangan di kantor KPU setempat dengan sistem penguncian manual yang dipegang oleh tiga pihak, yakni KPU, Panwaslu, dan kepolisian.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018