Medan  (Antaranews Sumut) - Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba mencatat adanya "5 Top Destinasi" atau lima andalan tujuan pariwisata di Provinsi Sumatera Utara.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba Arie Prasetyo di Medan, Rabu, mengatakan, 5 Top Destinasi wisata tersebut berada di sejumlah kabupaten/kota di Sumut.

Destinasi pertama adalah Danau Toba yang merupakan kawasan strategis nasional dan ditetapkan dalam 10 destinasi kepariwisataan nasional.

Tujuan wisata di Danau Toba cukup banyak karena kawasan tersebut dikeliling tujuh kabupaten yakni Simalungun, Samosir, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Karo, dan Dairi.

Di antara tujuan wisata di kawasan Danau Toba adalah arsitektur rumah dan kuburan Batak, pertunjukan Sigale-gale di Simanindo, Tomok, Museum Batak di Balige, air terjun Situmurun, air soda di Tarutung, air panas Sipaholon, dan Pantai Tao Silalahi.

Baca juga: BPODT siapkan agenda kepariwisataan di danau toba

Destinasi kedua berada di Kepulauan Nias yang merupakan sebuah daerah kepuluan di bagian barat Sumut yang terdiri dari lima kabupaten/kota dan berhadapan langsung dengan samudera luas.

Tujuan wisata di Kepulauan Nias seperti desa wisata Bawomataluo, atraksi lompat batu, selancar di Pulau Telo dan Pantai Lagundri, Pulau Asu, Pantai Toyolawa, dan Museum Pusaka Nias.

Destinasi ketiga di Sumut berada di Kabupaten Langkat yakni Tangkahan dan Bukit Lawang yang berjarak sekitar 100 km dari Kota Medan.

Di dua lokasi itu, wisatawan dapat "tracking", menyusuri gua (caving), menyusuri sungai (tubing), melihat orangutan, atraksi menaiki dan memandikan gajah, Danau Bah Alip, dan air terjun Tangkahan.

Destinasi keempat adalah Berastagi dan Kabanjahe di Kabupaten Karo yang merupakan daerah pegunungan dengan jarak sekitar 75 km dari Kota Medan.

Di Karo, wisatawan dapat menikmati alam di Taman Simalem, air terjun Sipiso-piso Tongging, Taman Buah Berastagi, Gunung Sibayak, Bukit Gundaling, dan Desa Wisata Tokan.

Sedangkan destinasi kelima adalah Kota Medan dengan keberadaan Istana Maimun, Rumah Tjong A Fie, Masjid Raya Medan, dan taman buaya Asam Kumbang.

Dalam memperkenalkan 5 Top Destinasi tersebut, termasuk potensi wisata lainnya, pemerintah telah menggelar berbagai kegiatan.

Namun, terdapat tiga kalender utama dalam promosi kepariwisataan Sumut yakni Festival Danau Toba, Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), dan Festival Ya`ahowu.


(T.I023/B/C004/C004) 23-05-2018 10:28:40

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018