Medan,3/5 (Antara) - First Media, industri TV kabel dan internet broadband
milik PT Link Net sudah bisa dan siap melayani konsumen di Kota Medan .

"First Media memahami peran dan kontribusi kota Medan terhadap percepatan ekonomi Indonesia, dan pentingnya infrastruktur jaringan broadband," ujar Presiden Direktur PT Link Net, Marlo Budiman di Medan, Kamis.

Dia mengatakan itu pada peluncuran First Media.

Menurut Marlo Budiman,  infrastruktur jaringan broadband untuk memastikan keberlanjutan serta keberadaan kebutuhan perumahan, perusahaan dan pemerintah di tengah-tengah transformasi digital yang dinamis.

First Media menampilkan produk dan layanan ISP premium yang kompetitif dan superior, internet broadband tercepat dan unlimited hingga 1Gbps, lebih dari 100 saluran dan TV High Definition (HD) yang paling banyak ditawarkan di Indonesia dengan 70 HD channels, 4K channels, juga Value Added Service (VAS).

Adapun layanan ke Medan dilakukan manajemen karena melihat Kota Medan  menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi pulau Sumatera. 

Berdasarkan data BPS pada Mei 2017, kota Medan menyumbang sebesar 1,41 persen  dari ekonomi Indonesia.

Kehadiran layanan First Media di kota Medan diharapkan ikut mendukung program pemerintah dalam memajukan ekonomi masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital yang sekarang ini semakin penting bagi Indonesia.
 
"Kehadiran First Media mendukung pertumbuhan ekonomi di Medan, Sumut dan Indonesia secara keseluruhan. Infrastruktur internet broadband dan TV via kabel akan meningkatkan konektivitas masyarakat Indonesia,” ujar Marlo.

Data menunjukkan,  dari 2,2 juta orang penduduk Medan, jumlah pengguna internet di Medan sudah mencapai 994.000 pengguna internet.

" Konektivitas memang menjadi syarat bagi pertumbuhan ekonomi negara terutama dengan prospek ekonomi yang sudah mulai bertumpu pada ekonomi digital yang di tahun 2018 diperkirakan mencapai 8,5 persen dari PDB Indonesia,"katanya.

Dia menjelaskan, pengembangan layanan First Media dimulai dari tahun 2017 atau  pada kuartal I.

First Media, ujar Marlo Budiman memiliki 17.455 homes passed yang dibangun di daerah strategis, dan akan bertambah menjadi 45.973 pada akhir tahun 2018, dan 85.973 di 2020. 

Seperti di kota lain, First Media akan menawarkan produk dan  layanan super speed home broadband dan superior pay TV, “X1-4K Smart Box” dan “X1 Smart Box PRIME” (Android set-up-box terbaru dan Google 7.0 Nougat) .

Layanan itu dilengkapi dengan fitur Google Chromecast yang memungkinkan pelanggan untuk dapat menampilkan gambar yang ada di Smartphone ke TV secara langsung (Throw Content). 
 
Selain itu, Smart Box X1 Prime memberikan pilihan untuk menikmati hiburan dengan kualitas 4K Ultra HD yang membuat tontonan seperti nyata (life-like images) dengan ketajaman dan warna yang luar biasa.
 
" Layanan itu adalah fitur tambahan yang sudah ada dan terkenal “7 day’s catch-up”, "PVR" (rekaman), "VOD", yang memperkaya pengalaman hiburan TV (tayangan) di rumah," katanya.

Dia menegaskan, First Media juga memiliki layanan OTT di rumah "FirstMediaX" (FMX) – layanan TV dimana saja sehingga pelanggan dapat menikmati tayangan favorit dimana saja (on-the-go); 

Kerja sama OTT dengan HOOQ dan CATCHPLAY untuk memperluas daftar pilihan film First Media.

Layanan "Smart Living" dari First Media untuk digital household yang membutuhkan keamanan, kenyamanan dalam sentuhan jari melalui gadget yang dapat dikendalikan dari jarak jauh juga menjadi salah satu alasan mengapa konsumen menggunakan layanan First Media.

"Perluasan layanan ke Medan merupakan bagian dari strategi ekspansi First Media di wilayah Sumatera,"katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018