Medan (Antaranews Sumut) - Yayasan Cahaya Anak Nusantara (CAN) peringati hari bumi dunia bekerja sama dengan Yayasan Hutan Untuk Anak (YHUA) dengan menggelar kegiatan pemeliharaan, monitoring serta mempebaiki jalan dan membersihkan jalan dengan tema " Save Our Home Earth Day Everyday" di kawasan lahan konservasi YHUA yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser. Taman Nasional Gunung Lauser Kecamatan Bahorok kabupaten Langkat (TNGL).

"Kegiatan pemeliharaan, monitoring tanaman yang sempat dilakukan penanaman pada bulan Maret lalu, dan juga memperbaiki akses menuju lokasi kerusakan hutan serta membersihkan jalan menuju lokasi", Jelas Ketua Yayasan CAN Muhammad Eka di Medan (30/4).

Menurut dia kegiatan yang digelar pada 28 sampai 29 April 2018 ini bertujuan untuk memperbaiki kerusakan lingkungan akibat perambahan hutan yang dijadikan lahan perkebunan oleh masyarakat.

Ketua YHUA, Ali Rusli berharap kegiatan ini dapat mengembalikan fungsi hutan yang digarap masyarakat guna menjaga kelestarian hutan dan mencegah kepunahan satwa liar yang ada di lokasi TNGL.

Saat ini menurut dia, ada sekitar 10 hektar lahan dikawasan TNGL sudah dikembalikan kefungsi hutan.

Lokasi kegiatan tersebut di tempuh selama 2 jam dengan berjalan kaki menyusuri sungai dari desa Batu Katak, atau berjarak sekitar 8 KM dari desa tersebut.
 

Pewarta: Akung

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018