Medan, (Antaranews Sumut) - Destinasi belana online Lazada membantu pengembangan potensi kewirausahaan pelaku usasa kecil dan menengah di Kota Medan melalui program #UpgradeUKM.

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Achmad Alkatiri dalam keterangannya di Medan, Jumat, mengatakan, pihaknya memberikan pelatihan mengenai pengelolaan toko virtual dan pemasaran produk secara online kepada 200 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Selain pelatihan, Lazada juga memperkenalkan kemudahan berjualan secara online melalui situs e-commercemarketplace Lazada.co.id bagi para pelaku UKM.

Sama halnya seperti tahun lalu, program #UpgradeUKM 2018 tersebut juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, baik swasta mau pun pemerintah.

Kunjungan itu merupakan bagian dari program roadshow #UpgradeUKM 2018 yang ditujukan di 29 kabupaten/kota yang merupakan dukungan Lazada atas program pemerintah delapan juta UMKM Go Digital.

"Sejalan dengan komitmen Lazada untuk senantiasa mendukung perkembangan keterampilan dan wawasan seller, kami mengadakan kembali lokakarya interaktif bagi para seller di Kota Medan," katanya.

Menurut Achmad, pelatihan mengenai potensi kewirausahaan tersebut merupakan hal penting untuk mendukung kelancaran pengelolaan usaha yang dijalankan pelaku UKM.

Pihaknya berharap bahwa para pelaku UKM dapat terus meningkatkan mutu produksi dan pelayanan pelanggan, karena kepuasan pelanggan merupakan salah satu alat promosi paling efektif dalam bisnis.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada 2018 Lazada memperkenalkan program Lazada University, yaitu fasilitas edukasi interaktif yang dihadirkan Lazada bagi para pengusaha UMKM yang telah menjadi seller dan membuka toko virtual di Lazada. 

"Inovasi terbaru tahun ini adalah peluncuran Seller Centre App sebuah aplikasi berbasis iOS dan Android untuk mendukung operasional seller kami. Mereka akan dapat memonitor dan mengelola toko virtual dengan lebih mudah dari manapun mereka berada hanya bermodalkan telepon genggam," ujar Achmad.

Sebagai destinasi belanja online nomor satu di Indonesia dan Asia Tenggara, Lazada akan menggelar kampanye hari jadi pada 25-27 April 2018.

Dalam kampanye tersebut, Lazada akan memfasilitasi ribuan seller, termasuk UMKM dan juga 66 mintra brand ternama menghadirkan berbagai penawaran dan diskon hingga 96 persen kepada para konsumen di seluruh Indonesia. 

Program #UpgradeUKM masih terus berlanjut dan akan hadir menyapa para seller di Kota Aceh dan Padang dengan mitra UMKM lainnya.

Hadir menjadi salah satu narasumber pada acara #UpgradeUKM adalah Nunung, salah satu seller teladan dari kota Medan, serta pemilik toko online bernama Delin Store telah bergabung di Lazada sejak 2016.

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018