Simalungun, (Antaranews Sumut) - Ratusan masyarakat Nagori Bangun, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, menyambut antusias pelayanan administrasi kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Senin. 

Mereka antre dengan tertib melakukan perekaman KTP, pembuatan kartu keluarga, akte kelahiran, dan kematian yang dipusatkan di kantor desa wilayah Kecamatan Gunung Malela. 

Karto (56), mengatakan, layanan langsung ke desa sangat membantu dan memberikan kepastian selesainya dokumen kependudukan kepada mereka. 

"Hemat waktu dan biaya, siapnya juga lebih pasti," katanya. 

Bila mengurus melalui pemerintahan kecamatan tidak bisa dipastikan selesainya, dan mengurus langsung ke Kantor Dukcapil di Raya butuh waktu dan biaya transportasi. 

Wakil Bupati, H Amran Sinaga yang meninjau pelaksanaan kegiatan berkesempatan menyerahkan dokumen yang selesai dicetak kepada warga. 

Wakil Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten akan terus memberikan pelayanan ke desa-desa sampai semua penduduk terekam dan memiliki administrasi kependudukan.

"Pelayanan ini menunjukkan keseriusan Pemkab Simalungun dalam melakukan perekaman KTP bagi masyarakat," kata Wakil Bupati.

H Amran Sinaga mengingatkan pentingnya dokumen kependudukan sebagai identitas diri untuk berbagai keperluan urusan, termasuk pada saat pelaksanaan pemilihan umum. 

Kepala Disdukcapil, Jonrisman Tuah Damanik mengatakan, pelayanan ke desa-desa untuk memudahkan dan menjangkau warga dalam kepengurusan dokumen kependudukan. 

Pelayanan disesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan warga di desa dengan layanan siap satu hari dan tanpa biaya. *

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018