Simalungun, Sumut, 7/3 (Antara) - Masyarakat dan pelaku wisata di Parapat kawasan Danau Toba di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, diminta menjaga kebersihan daerah tujuan pariwisata. 

"Kita harus berbenah diri dalam rangka mendukung destinasi wisata nasional, salah satunya Danau Toba Parapat, sehingga keindahan daerah ini tetap terjada dengan baik," kata Wakil Bupati Simalungun, H Amran Sinaga, Rabu. 

Wakil Bupati juga menekankan aparatur kecamatan, kelurahan dan perangkat pangulu untuk senantiasa turut berperan dalam menjaga kebersihan Parapat dan Danau Toba.

Wakil Bupati menyinggung rencana Pemerintah Pusat membangun rumah istirahat atau Rest House di Dolog Sipeak pada tahun 2018.

Rest House nantinya dilengkapi dengah fasilitas pendukung, seperti parkir kenderaan, ruang pertemuan dan kios penjualan suvenir.

Camat Girsang Sipangan Bolon, James Andohar Siahaan mengatakan, pihaknya siap mendukung program pembangunan dari pemerintah daerah, provinsi dan pusat. 

Diharapkan terlaksananya pengaspalan jalan alternatif dari Simpang Palang menuju Parapat sepanjang tujuh kilometer, penataan objek wisata Parapat. dalam rangka mendukung destinasi pariwisata Danau Toba.

Sementara masyarakat dan pelaku usaha berharap adanya agenda kegiatan di Parapat secara berkala untuk menarik kunjungan wisatawan. 

"Seni budaya, konser, perlombaan supaya orang datang lebih sering lagi," kata Yanti br Sinaga, pedagang dadakan. *

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018