Samosir  (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara bersama Kelompok Tani Martabe panen raya komoditas pertanian jagung di Desa Pasaran Parsaoran, Kecamatan Nainggolan, Selasa. 

Bupati dan Wakil Bupati, Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga bersama sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah berbaur bersama para petani. 

Bupati mengapresiasi atas ketekunan dan kekompakan petani dari 17 kepala keluarga, sehingga kerja nyata itu membuahkan hasil maksimal. 



Bibit jagung sebanyak kira-kira 50 Kg di lahan selyas tiga hektare menghasilkan 24 ton dengan nilai jual mencapai Rp72 juta. 

Pemerintah kabupaten berjanji tetap memberikan bantuan bibit jagung dan fasilitas pendukung lainnya.

"Cari lagi lahan tidur untuk dikelola, siapa yang bersungguh sungguh bekerja akan kita bantu," kata Bupati. 

Baca juga: Bus Silangit-Samosir perpanjang jadwal gratis

Kadis Pertanian, Erkanus Simbolon mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan lagi untuk Kelompok Tani Martabe berupa bibit jagung, bawang dan kacang kedelai.

Dia berharap dengan bertambahnya hasil panen semakin meningkatkan kesejahteraan para petani.

Ketua Kelompok Tani Martabe, Halomoan Situmorang meminta pemerintah daerah membangun jalan usaha tani untuk mempermudah distribusi hasil pertanian.

Dia juga mengharapkan bantuan alat teknologi pemipil jagung supaya dapat mengumpulkan hasil panen jagung dan juga pembinaan yang berkelanjutan dari petugas PPL. ***3***

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018