Aekkanopan (Antaranews Sumut) - Subhanallah. Hanya dalam waktu lebih kurang enam bulan Afrizal Akbar berhasil menghafal 30 juz yang ada dalam Al Qur'an. Khataman putra seorang pedagang martabak keliling yang biasa disapa Pak Datuk itu disaksikan pembimbing dan rekannya, Jumat

"Alhadulillah, hari ini telah khatam hafalan 30 juz santri kami atas nama Afrizal Akbar," kata H Muhammad Ifdarsyam Ritonga Lc MHI yang merupakan pembimbing utama putra Lorong IV Aekkanopan Kecamatan Kualuhhulu itu.

Menurut Ifdar yang mengasuh Pesantren Tahfiz Azhar Center itu, Afrizal masuk ke lembaga yang dipimpinnya pada pertengahan Agustus 2017 lalu. "Ia masik setelah menamatkan pendidikan sekolah menengah atasnya dengan modal 8 juz. Tapi kami memintanya untuk mengulang hafalan dari awal," katanya.

Memang, tambah Ketua BKM Al Aman Aekkanopan itu, ada 'sesuatu' pada dirinya "Dia merupakan anak yang tekun ibadah dan 'burju halakna (baik orangnya---red)," kata ayah seorang putra yang telah mencetak 4 orang penghafal Qur'an 30 juz di Labura.

Disebutkannya, remaja berkacamata itu bercita-cita ingin melanjutkan pendidikan ke universitas di Madinah itu. "Kita mendukung cita-citanya dan akan berjuang mewujudkannya. Mudah-mudahan Allah ridho dan memberi kemudahan kepadanya," harapnya.

Keberhasilan Afrizal itu hanya berselang 10 hari setelah rekannya Syahlul Wanda Siregar yang tuntas menyelesaikan hafalannya pada 14 Pebruari lalu. Sebulan sebelumnya rekan mereka Mhd Daniel juga berhasil khatam hafalan 30 juz. 

Santri pertama yang menyelesaikan hafalan 30 juz di pesantren berusia kurang dari 3 tahun itu bernama Rosihan Aulia Ritonga. Rosihan mengkhatamkan hafalannya tahun lalu.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018