Kotapinang (Antaranews Sumut) - PT Bank Mandiri (Persero) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggelar Sosialisasi Wirausaha Mandiri terhadap Manajer Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kegiatan yang dirangkai dengan kesepakatan bersama antara Bank Mandiri dengan pemerintah daerah itu, menghadirkan dua alumni wirausaha muda mandiri, yakni Yosefin Sembiring dan M. Alharia.

Hadir pada kegiatan itu Sekdakab Zulkifli, Kajari Labusel Joko Wibisono, Kepala Cabang Bank Mandiri Kotapinang Mula P Sitinjak, dan para pimpinan OPD.

Deputi Region I Bank Mandiri, Agus Sanjaya, Kamis di Kotapinang mengatakan, sosialisasi mengenai kewirausahaan sudah sering dilaksankan kepada berbagai pihak.

Pihaknya merasa perlu memberikan sosialisasi agar dapat meningkatkan kemampuan para Manajer BUMDes. Sehingga BUMDes dapat tumbuh dan berkembang serta mandiri. "Bank Mandiri juga menggalakkan kegiatan wira usaha muda mandiri," katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya mengajak generasi muda menjadi generasi mandiri yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi daerah.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi perdana untuk Manajer BUMDes ini dapat menjadi harapan baru masyarakat terutama generasi muda di daerah.

Wakil Bupati Kholil Jufri Harahap dalam kesempatan itu mengapresiasi kegiatan kewirausahaan tersebut, sehingga pengelola BUMDes dapat lebih profesional.

Menurutnya, program simpan pinjam paling sering mengakibatkan hilangnya uang negara.

Dia menekankan agar BUMDes jangan hanya bergerak pada usaha simpan pinjam. Namun pengembanganan usaha lain yang meraih keuntungan bagi desa.


Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018