Simalungun (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, memberikan vaksinasi difteri kepada 300 keluarga besar kepolisian setempat, Sabtu, di Asrama Polisi di wilayah Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.  
     
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pemkab Simalungun, Serubabel Saragih SKM menyebutkan, pihaknya juga telah memvaksin 2.100 warga di Desa Silulu, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun.
     
Sasaran juga kepada 250 mahasiswa mahasiswi, pendidik dan manajemen Universitas Efarina Campus II di Kelurahan proklamasi, kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar.
      
Vaksinasi berupa program Outbreak Response Immunization (ORI) di tempat tinggal dan lingkungan sekolah suspect difteri, Bumi Simorangkir itu sesuai dengan instruksi Menteri Kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus difteri.
     
Sedangkan bagi keluarga besar Polres Simalungun, khususnya Bhayangkari setempat merupakan program khusus Kementerian Kesehatan untuk sasaran Wanita Usia Subur (WUS).
     
"Jadi totalnya 2.650 warga sasaran," kata Serubabel.
     
Penyuntikan vaksin dilaksanakan untuk tiga kali pada orang yang sama dengan jeda waktu satu bulan dan enam bulan dihitung dari yang pertama.
     
Serubabel mengimbau agar warga tidak panik bila salah satu dari anggota keluarga memiliki ciri-ciri gejala difteri di antaranya demam mencapai 38 derajat celcius, ruam di rongga tenggorokan.
     
"Silakan segera bawa ke dokter atau rumah sakit untuk penangangannya," pesannya. ***4***

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018