Medan (Antaranews Sumut) - Pasangan calon gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus merupakan kombinasi sosok berlatar belakang politisi dan akademisi yang kaya pengalaman birokrasi dengan pengusaha yang menjadi pecinta sepakbola.

Dari data yang didapatkan di KPU Sumut di Medan, Selasa, diketahui Djarot Saiful Hidayat mengawali karirnya sebagai dosen di Universitas 17 Agustus pada 1986 setelah menamatkan pendidikan S-1 di Universitas Brawijaya.

Setelah itu, pria kelahiran Magelang pada 6 Juli 1962 tersebut terjun ke dunia politik dan menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Timur (1999-2000) dari PDI Perjuangan.

Namun perannya sebagai anggota legislatif hanya berlangsung sekitar satu tahun karena Djarot Saiful Hidayat mendapatkan amanah sebagai Wali Kota Blitar selama dua periode yakni 2000-2005 dan 2005-2010.

Karir di pemerintahan berlanjut ketika dipercaya menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Basuki Tjahaya Purnama, sekaligus menajdi Gubernur DKI Jakarta pada Juni-Oktober 2017 setelah Basuki Tjahaya Purnama atau yang sering dipanggil Ahok menghadapi masalah hukum.

Pria yang beralamat di Jalan Mega Kuningan Barat, kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setia Budi, Jakarta Selatan itu memiliki jenjang pendidikan yang diawali di SD Raden Saleh Surabaya (1974), SMP Negeri 4 Surabaya(1977), SMA TNH Mojokerto (1981), S-1 Universitas Brawijaya (1986), dan S-2 Universitas Gajah Mada (1991).

Baca juga: Ini tanggapan warga pascapenetapan paslon

Djarot Saiful Hidaya memiliki isteri Happy Farida dan tiga anak yakni Safira Prameswari, Karunia Dwi Hapsa,dan Meisyah Rizky Berliana.

Sedangkan wakilnya yang memiliki nama lengkap Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus, lahir di Jakarta pada 12 Juli 1968 dan beralamat di Jalan Aditiawarman, Kelurahan Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sihar Sitorus memiliki jenjang pendidikan yang diawali dari SD Bunda Hati Kudus Jakarta (1981), SMP Bunda Hati Kudus Jakarta (1984), dan SMA Pangudi Luhur Jakarta (1987).

Selama ini, Sihor Sitorus tercatat sebagai Dirut PT Togos Ganda dan Dirut PT Torus Ganda.

Sihar Sitorus memiliki isteri bernama Patricia Ferrari Juanita dan anak dua orang yakni Gabriela Gemilang MT Sitorus dan Gamaliel Ferria MM Sitorus.

Meski sebagai pengusaha, Sihar Sitorus juga dikenal sebagai pecinta sepakbola sehingga dipercaya sebagai Ketua Komite PSSI (2011-2013) dan anggota Komite Eksekutif PSSI (2011-2013).

Dalam pemilihan gubernur Sumut, pasangan Djarot-Sihar mendaftarkan diri dengan dukungan PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018