Padangsidimpuan (Antaranews Sumut) -  Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan mengingatkan pentingnya nutrisi yang cukup bagi anak untuk mencegah  gizi buruk. 

Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Padangsidimpuan, Letnan Dalimunthe, mengatakan pencegahan dan penanggulangan anak harus dimulai secara tepat sebelum kelahiran dan berlanjut sampai anak berusia dua tahun keberlanjutan konsumsi nutrisi dan gizi juga harus diatur.

"Intervensi paling menentukan untuk dapat mengurangi dan memperbaiki gangguan yang terjadi pada anak perlu dilakukan pada seribu hari pertama kehidupan (1.000 HPK), pungkas Letnan Dalimunthe, Kamis. 


Dia menuturkan masalah gizi anak yang berdampak pada "stunting" dan masalah gizi ibu seringkali tidak disadari, baik itu oleh keluarga maupun masyarakat sebagai sebuah masalah yang harus dicegah dan diselesaikan, kecuali bila postur tubuh sudah nampak sangat kurus, barulah sadar bahwa ada masalah, kata Letnan. 

Dia mengindikasikan bahwa kebanyakan keluarga tidak memiliki pengetahuan tentang gizi dan perilaku kesehatan yang tepat, khususnya masih banyak perempuan tidak menyadari pentingnya gizi bagi diri mereka sendiri. 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018