Pematangsiantar (Antaranews Sumut) - Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) kedatangan satwa hunian baru, Jumat. Satu ekor Ular Phyton atau Sawah, panjang kira-kira 10 meter.

Staf Khusus Pimpinan THPS, Al Amin Syahputra Pelis mengatakan, ular berjenis betina itu tangkapan Brigif 25 Siwa disekitaran pangkalan kesatuan pada 12 Januari 2018.

"Terima kasih kepada Komandan Brigif 25 Siwa, Letkol Inf Asep Sukarna," kata Al Amin didampingi Koordinator Penangkaran, Gilzen Waldino. 

Dia juga mengimbau kepada warga yang menemukan satwa agar diserahkan ke lembaga konservasi, seperti taman hewan supaya bisa dirawat secara layak untuk pelestarian satwa. 

Letkol Inf Asep Sukarna mengatakan, prajurit menangkap ular tersebut saat aksi bersih-bersih kawasan yang masih hutan dan rawa-rawa.

Temuan ular yang sempat dipelihara di kesatuan dan akhirnya diserahkan ke THPS sebagai lembaga konservasi, dapat bermanfaat. 

Manager THPS, Khoiruddin menjelaskan, sebagai langkah awal sebelum dipublikasi kepada pengunjung, pihaknya akan mengkarantina ular tersebut dikarantina sebagai upaya adaptasi di tempat baru. 

Dengan bertambahnya satwa hunian sumbangan atau titipan dari warga, semakin memotivasi pengelola untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung. 

Di antaranya, terus melakukan pembenahan fasilitas dan renovasi kandang serta menambah satwa hunian supaya lebih lengkap. 

Saat ini THPS dihuni 811 ekor satwa dari 221 spesies atau jenis, dan 30 ekor di antaranya ular, termasuk temuan Brigif 25 Siwa.
     

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018