Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Pemerintah desa Pasir Matogu, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan memfasilitasi warganya dengan layanan internet gratis.

Kepala desa Pasir Matogu Iswandi Siregar di Batang Angkola kepada Antara, Senin, mengatakan, fasilitas internet gratis diberikan sebagai bentuk kepedulian pemerintah desa kepada warganya.

Menurutnya, selain bagi warga jaringan internet penting guna mempermudah pelayanan dan laporan dibidang elektronik data bagi perangkat desa," katanya.

Pemdes saat ini memasang dua unit piranti wifi, satu antena ditempatkan di kantor desa jangkauannya kurang lebih lima puluh meter. Satunya lagi antena dapat dibawa dan dipindah-pindahkan dari tempat satu ke tempat lain di desa itu.

Sekarang warganya sudah bisa menikmati internet melalui  ponselnya masing-masing secara gratis untuk mengakses berbagai informasi lektronik, kebijakan waktunya Pemdes mengatur pukul 08.00 - 20.00 Wib.

Pemdes kedepan akan menambah jumlah antena wifi agar jaringan internet bisa terpancar keseluruh wilayah desa yang dihuni sekitar 100 kepala keluarga lebih itu.

"Selain bersosial media, fasilitas sinyal wifi untuk membantu warga tua muda berselancar di dunia maya. Warga juga bisa memanfaatkan jaringan untuk berbisnis dan meningkatkan pendidikan," tuturnya.
 
Iswandi mengatakan, pihaknya juga akan memanfaatkan jaringan internet untuk mempromosikan penggunaan dana desa, potensi desa, serta lainnya agar diketahui masyarakat luas.

Ia menyatakan semua hal tersebut tidak luput dari dorongan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu yang gencar mengajak aparaturnya hingga kedesa-desa memanfaatkan informasi teknologi.

Ia juga tak lupa mengimbau agar masyarakatnya dalam  memanfaatkan atau menggunakan jaringan internet gratis untuk tidak melakukan hal- hal negatif seperti SARA, pornografi dan yang bersifat destruktif.

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018