Medan, 22/12 (Antara) - Sebuah perusahaan milik negara PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menyatakan kesiapan melayani angkutan Natal dan Tahun Baru 2018.

"Kesiapan itu dilakukan dengan fokus pemantauan pada delapan cabang pelabuhan di tiga kawasan pelabuhan milik Pelindo 1, yaitu Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Bengkalis, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan, Selat Panjang dan Sei Kolak Kijang," kata Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami, di Medan, Jumat.

Pelindo, menurut dia, juga sudah menyiapkan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang yang dikelola oleh perusahaan BUMN itu.

"Seluruh Terminal Penumpang milik Pelindo, saat ini sudah dilakukan pembenahan dan dilengkapi dengan fasilitas modern," ujar Fiona.

Ia menyebutkan, seperti Teminal Penumpang Bandar Deli Belawan yang sudah dilengkapi dengan 2 (dua) unit garbarata, dimana akan memudahkan penumpang untuk naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya.

Selain itu, pembenahan juga sudah dilakukan di Terminal Penumpang Pelabuhan Dumai, Terminal Penumpang Teluk Nibung di Tanjung Balai Asahan dan Terminal Penumpang Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang.

"Terminal penumpang itu, sudah memiliki arsitek bangunan yang lebih modern dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti, guesthouse, ruang tunggu VIP, serta ekonomi," ucapnya.

Fiona menambahkan, ruang ibu menyusui, balai kesehatan, ruang merokok, kantin, ruang kedatangan dan anjungan, ruangan shalat, toilet, tanda bahaya (alarm), tata suara (sound), pemadam kebakaran, alat penyelamat kecelakaan di air (pelampung) serta fasilitas automatic gate.

Pewarta: Munawar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017