Tarutung, Sumut, 21/12 (Antara) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) meresmikan program Listrik Pedesaan di 66 desa yang tersebar di sejumlah kabupaten di Provinsi Sumatera Utara.

Peresmian program Listrik Pedesaan (Lisdes) itu dilakukan General Manager PLN Wilayah Sumut Feby Joko Priharto di Gedung Serbaguna Sopo Partukkoan Tarutung, Kamis, disaksikan Bupati Tapanuli Utara Nixon Nababan.

General Manager PLN Wilayah Sumut Feby Joko Priharto mengatakan, PLN terus melakukan pembangunan jaringan listrik menuju "Sumatera Terang 2019" yang merupakan program pemerintah pusat.

Guna mewujudkan hal itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui program Lisdes yang tengah digalakkan PLN.

Hingga saat ini, progres Lisdes yang telah dikerjakan PLN Wilayah Sumut sudah dilakukan dengan menyalurkan listrik ke 117 desa.

Khusus pada hari itu, PLN meresmikan program Lsides untuk 66 desa yang tersebar di beberapa kabupaten di Sumut, diantaranya 10 desa di Kabupaten Tapanuli Utara, dua desa di Kabupaten Toba Samosir, dan empat desa di Kabupaten Humbang Hasundutan.

"Listrik Pedesaan di beberapa kabupaten ini merupakan sebuah kado terindah dari PLN kepada masyarakat dalam merayakan hari Natal di tahun 2017 ini. Kami ingin membangun Sumatera Utara dari Desa," ucap Feby.

Feby menjelaskan, total desa yang telah diproses sampai saat ini sebanyak 205 desa yang tersebar di Sumut. Dari 205 desa itu, 117 desa diantaranya sudah dialiri arus listrik.

Sebelumnya, pendistribuan listrik untuk 51 desa sudah diresmikan oleh Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi bertepatan dengan Hari Listrik Nasional (HLN) beberapa waktu lalu.

Selain peresmian Lisdes di beberapa kabupaten, PLN Wilayah Sumut juga memberikan sosialisasi mengenai kelistrikan dan pemberian sembako kepada 50 kepala keluarga yang berada di Desa Lotung Jae Kecamatan Garoga Kabupaten Tapanuli Utara.

PLN berharap, masuknya aliran listrik yang baru diresmikan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di 66 desa yang berada di beberapa kabupaten di Sumut.

Pihaknya memberikan apresiasi atas dukungan yang besar dari Bupati Tapanuli Utara Nixon Nababan dan partisipasi masyarakat dalam percepatan pada proses listrik masuk desa di daerah itu.

Bupati Tapanuli Utara Nixon Nababan mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya atas kerja keras yang dilakukan PLN dalam "memerdekakan" wilayahnya melalui program Lisdes.

"Tahun 2014 begitu saya dilantik, saya tidak tahu kalau banyak desa yang belum merdeka. Jalan setapak, air mesti dari air sungai dan listrik juga belum masuk. Saya coba bicara sama teman-teman. Puji Tuhan 2017, PLN banyak berikan kontribusi," kata Nixon. ***4***

Pewarta: Irwan arfa

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017